CONTENT

15 Desember 2007

ANATES, Program yang harus anda miliki

Semester ini saya menempuh mata kuliah evaluasi pendidikan. Lumayan menambah pengetahuan untuk menjadi seorang guru yang baik. Cuma ribet juga saat dapat tugas untuk mengevaluasi soal-soal (sebagai alat evaluasi) yang diberikan kepada murid. Apakah soal-soal tersebut sudah layak dipakai ? atau malah soal tersebut ga ada bobotnya sama sekali.

Gimana ga ribet, saya harus menghitung validitas, reabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran dari masing-masing butir soal. Untuk satu soal saja saya harus menghitung 4 acuan diatas. Itu baru satu, gimana kalau ada 20 soal pilihan ganda, 10 soal uraian, dan 20 soal angket. Wah..wah, benar-benar memakan waktu. Memang bisa kita menggunakan Excell, namun bagi yang kurang paham dengan fungsi di Excell tentunya malah akan semakin bingung.

Untunglah dosen saya menginformasikan tentang program Anates V4.09 (13 Feb 04), sebuah program karya cipta anak bangsa buatan Drs. Karno To, M.Pd (Alm) dan Yudi Wibisono, ST. Program ini sungguh sangat membantu saya dalam penghitungan. Saya tinggal memasukkan nilai-nilai yang diperlukan dan wuzzz... nongol dah hasil-hasilnya. Good Job!

Program ini memang ga gratis, namun sungguh sangat bermanfaat bagi para guru dalam mengevaluasi soal yang diberikan kepada anak didiknya, maupun bagi para mahasiswa yang mungkin sedang mengambil mata kuliah evaluasi pendidikan.
Bagi teman-teman yang mungkin ingin mencoba versi gratisnya silahkan klik disini. Bila anda tertarik memakai program tersebut, silahkan hubungi alamat email dari mas Yudi Wibisono ST di yudi@upi.edu

Ayo dukung karya cipta anak bangsa!.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo, terimakasih banyak atas dimuatnya artikel ini. Sebagai pengembang Anates, saya sangat menghargainya.

Sejak Bapak Karno To wafat di tahun 2004, memang belum ada penambahan fitur dari software ini. Semoga artikel ini dapat memacu saya untuk mengembangkan lebih jauh software ini.

Salam,
Yudi Wibisono (fpmipa.upi.edu/staff/yudi)