CONTENT

24 Desember 2007

SIMPAN DATA YANG AMAN, MUDAH DAN GRATIS

Jaman saya masih kuliah di Teknik Pertambangan UPN Veteran Jogjakarta (97-02), banyak teman yang mengeluh karena hilangnya data skripsi karena virus. Yah.. wajar aja, saat itu kebanyakan dari kami tidak punya komputer pribadi untuk mengolah skripsi, sehingga banyak yang memanfaatkan jasa rental komputer yang notabene adalah gudang virus.
Disket masih merupakan sarana utama perpindahan file (flash disk baru mulai top tahun 2003-2004 dengan harga yang naudzubillah larang tenan). Disket ini sangat rawan eror, kena pegang tangan sedikit saja pada cilindernya bisa bikin runyam. Untungnya saat itu saya sudah bekerja di warnet. Sehingga punya akses komputer dan internet tak terbatas, jadi saya bisa kapan saja mem-back up data skripsi saya di internet.
Beralih ke masa sekarang, flash disk sudah jadi kebutuhan utama bagi semua orang. Namun ga menjamin file kita bebas virus yang bisa menghancurkan data-data penting.
Tentunya kita semua setuju kalau back-up adalah sebagian dari iman. Maka dari itu ayo kita manfaatkan internet sebagai tempat penyimpanan selain dari komputer pribadi dirumah.
Keuntungan dari backup di internet adalah bisa diakses dimana saja selama kita terkoneksi. Keuntungan lainnya adalah file aman dari bahaya virus, flash disk/hard disk bad sector, hilang, dicolong orang, dll.
Kamu bisa manfaatkan account di Yahoo! Atau Gmail yang memiliki kapasitas guede. Caranya kirimkan data² ke imelmu sendiri dengan fasilitas Attachment. Tentunya cara paling mudah adalah dengan punya 2 account sehingga bisa saling mengirim file, juga kita bisa punya kapasitas dobel dengan mempunyai 2 akun email. Contohnya bila kita punya 2 akun Gmail, berarti punya 2 x 4 Gb = 8 Gb. Buanyak kan?
Daya tampung sebesar itu bisa menampung banyak sekali file. Apalagi kalau data yang akan kita simpan terlebih dulu dikompres dengan Winzip atau Winrar.
Cara lain adalah memanfaatkan Yahoo! Briefcase. Syarat utamanya adalah mempunyai email dari Yahoo! (yang saya yakin semua punya).

2 komentar:

cahaya6666 mengatakan...

Dengan aplikasi Gmail drive shell extension, kita dapat menyimpan file dalam e-mail account langsung dari komputer. tanpa harus menggunakan email. ( tidak perlu dari 2 email saling kirim data ).

irfan mengatakan...

makasih informasinya, cahaya6666. Pada saat artikel tersebut dibuat, kebanyakan pembaca adalah mahasiswa yang tidak punya komp/akses internet. shg saya pikir akses menggunakan 2 email adalah cara yang paling cepat bila menggunakan warnet. btw..thx a lot