CONTENT

30 September 2008

Kabel ruwet bikin mumet



Jaman makin maju, peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang kesenangan hidup semakin bertambah, kabel makin ruwet diatas meja. Paling ga ada 4 tipe dari USB, 2 tipe firewire, dan puluhan kabel lain untuk menghubungkan 'sesuatu' dengan komputer. Fiuhh...


USB Tipe A
Merupakan standart koneksi, gagasan utama pembuatannya adalah sebagai alat yang mampu menghubungkan segalanya. Perangkat ini mengeliminasi penggunaan paralel dan port serial.



USB Tipe B
Biasanya digunakan untuk konektor printer/scanner


MiniUSB
Merupakan tipe USB untuk perkakas yang lebih kecil, seperti kamera digital dan handphone


MicroUSB
Berukuran lebih kecil dibanding mini usb, diadopsi oleh Motorolla, LG, dan vendor lain.


IEEE 1394 (Firewire)
Merupakan alternatif dari USB, Apple mempopulerkan IEEE 1394 ini sebagai firewire (sony menyebutnya i.Link). Mempunyai kemampuan memindahkan data dengan sangat cepat. Biasa kita temui di digital camcorder


Firewire 800
Diperkenalkan pada tahun 2003. Memiliki kemampuan yang lebih cepat dibanding firewire versi awal.


RJ45 (Registered Jack 45)
Konektor yang paling umum digunakan untuk networking.


eSATA (External Serial ATA)
Merupakan koneksi harddisk yang sangat cepat (lebih cepat dibanding USB/firewire)


HDMI (High Definition Multimedia Interface)
Secara umum juga mempunyai tujuan untuk mengkoneksikan segalanya yang berhubungan dengan 'high definition audio and video'. Pada dasarnya untuk menggantikan fungsi DVI (lihat bawah) plus S-Video dan analog lainnya. Laptop, desktop, high-end kamera, dan perangkat lainnya biasanya menggunakan kabel ini karena bandwithnya yang sangat besar.


DVI (Digital Visual Interface)
Merupakan konektor yang umum pada koneksi video anda. Terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan dari susunan pin, antara lain ; DVI-A (analog), DVI-D (Digital), dan DVI-I (Signal).


MINI dan Micro DVI
Hanya digunakan pada perangkan Apple.



DISPLAY PORT
DisplayPort didukung oleh perusahaan AMD, Dell, Genesis Microchip, Hewlett-Packard, molex, Vidia, Philips, Samsung dan Tyco Eelectronics. DisplayPort menghantar sinyal clock dan audio dalam transfer rate 1,62-2,7Gbps dengan tingkat sinyal video 8 atau 10 bit per kanal warna. Sinyal video resolusi tinggi ini bahkan dapat lebih tinggi dari sistem dual link DVI (2560 X 1600 pixel).

memiliki keunggulan lebih ekonomis dan kompatibel ke banyak perangkat. Bukan hanya itu, DisplayPort 1.1 juga tidak memberlakukan lisensi semahal HDMI. Lisensi untuk sinyal berdefinisi tinggi dibagi menjadi 2. Pertama, untuk grup DVI (DVI-HDCP, HDMI, UDI) dan grup DisplayPort.


Itu baru sebagian bro.. masih banyak lagi kabel-kabel kusut yang bikin dunia semakin tambah ruwet.

0 komentar: