CONTENT

29 Desember 2008

Organisasi dan Gerakan Ikhwan Al Shafa

Ikhwan al-shafa adalah sebuah organisasi dan gerakan filosofiko-religius rahasia yang pernah mengisi lembaran sejarah pemikiran dalam islam yang timbul pada abad 4 H/10 M di Bashrah sebagai reaksi terhadap keadaan masyarakat yang sudah kacau. Menurut mereka, dinasti yang berkuasa saat itu yaitu para khalifah Bani Abbas yang sudah menyimpang dari garis kebenaran agama.


Sesungguhnya Ikhwan al-Shafa memiliki target politik, bermaksud menggulingkan pemerintahan yang sedang berkuasa, akan tetapi bergerak di belakan tabir aktivitas ilmu pengetahuan dan keagamaan.

Seluruh materi ajaran Ikhwan al-Shafa dihimpun di dalam Rasa’il Ikhwan al-Shafa dan al-Jami’ah yang diajarkan kepada para anggotanya dalam pertemuan rutin yang diselenggarakan setiap 12 hari sekali. Rasa’il yang memuat materi-materi matematika, fisika, psikologi, dan ilmu-ilmu ketuhanan dengan dalil-dalil iqna’iyah diperuntukkan bagi anggota pemula, sedang al-jami’ah yang menggunakan dalil-dalil burhaniyah diperuntukkan bagi anggota-anggota tingkat dua, tiga, dan empat.

Download Komplitnya disini

0 komentar: