CONTENT

19 Juli 2010

Membuat Password SULIT diterka namun GAMPANG diingat

Sebuah password bisa menjadi kunci yang sangat penting, email, facebook, PIN ATM, dll adalah sedikit contoh dimana password memegang peranan penting. Tapi disadari atau tidak, masih ada orang yang menggunakan password standar “123456”. Hal ini sangat berbahaya karena password yang demikian akan sangat mudah ditebak


Mungkin password anda sudah sedikit lebih rumit dibanding contoh diatas, tapi apakah anda menggunakan password yang sama untuk semua akun anda? Kalau jawabannya adalah ”ya” maka anda perlu berhati-hati. Mungkin anda beralasan sangat sulit untuk mengingat password yang berbeda-beda untuk masing-masing akun, dan bermacam alasan lain.

Mari kita pelajari bagaimana membuat password yang sulit ditebak namun mudah diingat.

Karakteristik Password Yang Baik

- Password harus tidak tertera dalam Kamus.

Apapun password yang anda gunakan, jangan pernah menggunakan suatu kata yang terdapat dalam kamus. Baik itu kamus bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, dan lain-lain. Mengapa? Karena dengan menggunakan teknik brute force dan bantuan dictionary akan sangat mudah untuk menebak password tersebut.

- Mengandung campuran antara huruf Kapital dan huruf kecil

- Mengandung karakter khusus dan angka.

- Minimal 10 karakter


Suatu password lebih baik mengandung campuran antara huruf dan angka, misalnya anda menulis ”Metropolitan” akan lebih baik bila anda menulisnya dalam format ” M3tr0_p0L1t4n”.

- Tidak ada perulangan karakter.

Gunakan hanya satu karakter pada password, jangan pernah mengulang karakter yang sama

- Tidak mengandung sesuatu informasi yang personal

Password yang tidak mudah ditebak haruslah tidak berhubungan dengan informasi mengenai diri user. Masih banyak orang yang mempergunakan tanggal lahir, nama orang tua, nomor handphone dan lain sebagainya yang notabene masih berkaitan dengan diri pribadi user.

Mungkin anda berpikir informasi pribadi tersebut sudah rahasia dan tidak ada orang lain yang tahu. Namun terkadang sifat manusia yang ”banyak omong” akan bisa membocorkan informasi tersebut lewat sebuah percakapan atau obrolan ringan saja. Misalnya sambil iseng saya tanya kapan anda lahir, mungkin secara tidak sengaja anda akan memberikan jawaban tersebut. Itu baru satu contoh saja, bisa juga informasi yang dibutuhkan digali dari sumber lain, dari saudara, data mahasiswa, dll.

Password yang gampang diingat

Membuat password yang panjang dan sulit ditebak itu mudah, namun membuat password yang panjang dan sulit namun gampang diingat itu yang perlu dipahami lebih lanjut. Paling tidak unsur-unsur dalam karakteristik password yang baik diatas harus diterapkan agar didapat hasil yang baik pula.

Contoh membuat password yang gampang diingat kira-kira sebagai berikut. Kebetulan saya sangat suka cerita silat Api di Bukit Menoreh karangan dari SH. Mintardja.
Jika saya ambil huruf depannya saja, akan menghasilkan deretan huruf ”ADBMSHM”. Ke-tujuh deret huruf tersebut sudah cukup, sekarang tinggal mengkombinasikan dengan ketentuan-ketentuan diatas agar memenuhi syarat sebagai password yang baik.

Oke mari kita runut lagi karakteristik di atas:

  1. Tidak ada di kamus. ADBMSHM sudah memenuhi syarat karena tidak ada di kamus manapun.
  2. Mengandung campuran huruf besar dan kecil. Oke, sekarang tinggal dirubah aja mana yang akan menjadi huruf besar dan huruf kecil. Bagaimana bila AdBMsHhm, cukup ?
  3. Mengandung karakter khusus dan angka. @d13M-$Hm
  4. Minimal 10 karakter. Tambahkan tanda petik atau huruf seru sehingga memenuhi syarat tersebut. ”@d13M-$Hm!”. dah jadi 12 digit bila tanda kutip dihitung.
  5. penyempurnaan, penggunaan angka 13 dirasa kurang pas sehingga angka 1 saya rubah menjadi karakter ””. Password yang terbentuk adalah ”@d3M-$Hm!

    Sekarang mari kita test kekuatan password yang telah dibuat. Anda bisa memanfaatkan passwordmeter untuk mencobanya. Berikut screen shotnya.



Demikian salah satu teknik yang bisa anda gunakan, anda punya pendapat lain? Silahkan beri komentar !

0 komentar: