CONTENT

04 Agustus 2012

NILAI FINAL SISTEM OPERASI 1D3MI03C

Nilai akhir mata kuliah Sistem operasi.


Sebelum saya umumkan nilai akhir, ada baiknya kita bahas jawaban dari soal UAS yang telah anda kerjakan secara penuh gotong royong :D.

Pada dasarnya hampir semua soal terjawab dengan baik. Empat butir soal terjawab sempurna (no. 1, 3, 6, dan 7), Tiga butir soal hampir sempurna (nomor 4,5 dan 8). Soal nomor DUA adalah soal yang bisa saya katakan tidak terjawab karena mayoritas hanya mendapat nilai 2.5 dari maksimal 10.

Oke, kita bahas soal nomor 2 dengan pertanyaan " Jelaskan apa yang dimaksud dengan Cache Coherency dan pada kondisi apa Cache coherency dapat terjadi ?
Jawabannya ada pada materi  pertama slide nomor 46. Bila anda cermati dan ambil kesimpulan dari presentasi tersebut maka anda pasti bisa menjawab dengan benar. Sayangnya saya tidak menemukan ada yang berpikir bahwa kunci jawabnnya adalah sebuah PROSES. Ingat ! bahwa yang kita bicarakan disini adalah sistem operasi yang berjalan otomatis, bukan sebuah proses manual. Cache Coherency adalah PROSES PADA SISTEM OPERASI yang memastikan semua duplikat dari suatu cache berisi nilai yang sama pada cache lainnya, hal ini terjadi pada multi prosesor. 
lalu masih di soal yang sama, terdapat pertanyaan pada kondisi apa  Cache Coherency  dapat terjadi ? jawabnya pada kondisi MULTI PROSESOR. Bagian kedua dari soal ini hanya 5 mahasiswa yang mampu menjawab (eka, fifi, heppy, meli, dan pika).


Soal selanjutnya adalah 4 dan 5 tentang bagaimana cara CPU memproses algoritma PTDP dan RPTD untuk proses² yang datangnya tidak bersamaan. Jawaban yang tepat untuk PTDP adalah Proses A (yang pertama datang) akan dijalankan terlebih dahulu, kemudian proses² yang datang berikutnya akan dilihat sisa waktu prosesnya. Proses yang memiliki sisa waktu terkecil akan dikerjakan lebih dahulu.
Sedangkan jawabn untuk RPTD adalah Proses A akan dijalankan terlebih dahulu dan dihitung waktu selesainya (F). Nilai (Fa) akan menjadi patokan untuk mencari rasio penalti tertinggi bagi sisa proses² yang datang. Setelah ditemukan yang nilai rasio penalti tertinggi dari sisa proses, maka proses tersebut dimasukkan ke dalam urutan proses dan ditandai sebagai proses kedua. Selanjutnya proses² yang tersisa akan dihitung kembali nilai rasio penaltinya dengan menggunakan nilai waktu selesai dari proses kedua  untuk menentukan proses berikutnya yang akan dimasukkan dalam urutan. 

Soal terakhir adalah soal no. 8 dimana anda HANYA diminta menghitung TWM dari algoritma RPTD dan Round Robin. Namun entah mengapa kok ada saja yang algoritma PTPD, PTD dan PTDP yang notabene tidak ada ditanyakan dalam soal. Akibatnya malah fatal, soal yang ditanyakan tidak terjawab sama sekali (Desi, Dony, Fika, Iswadi). Namun ada juga yang sudah tepat menghitung hanya dua algoritma (randy dan yudhia), tapi kan PTDP dan PTD tidak saya tanyakan mas. Kenapa kok malah itu yang jadi jawaban ?

Ada juga yang menghitung sampai selesai namun jawaban nilai TWm-nya salah, mungkin karena sudah pusing menghitung sekian banyak. yang anehnya kesimpulannya kok bisa benar padahal angka yang ditulis hasil perhitungan jelas² salah lho mbak titik :-D. 

Well bagaimanapun ceritanya, ini jawaban untuk soal nomor 8. silahkan dijadikan perbandingan.





Berikut adalah nilai UAS anda (Note! klik pada gambar untuk memperbesar dan melihat prediksi huruf mutu)




Dan ini nilai ASLI anda


Atas dasar pertimbangan perikemahasiswaan, saya hanya bisa membantu nilai tugas bagi beberapa mahasiswa yang nilainya kurang standar karena satu faktor. Untuk nilai mid saya tidak bisa membantu karena remidi mid sudah saya tawarkan untuk dilakukan perbaikan. Namun hanya 8 orang yang menghubungi dan mengirimkan perbaikannya. 


NILAI FINAL SO D3MI03-C dapat anda lihat pada gambar berikut. Ohya.. karena pekerjaan saya masih menumpuk, maka hasil akhir sesuai gambar dibawah akan saya setorkan ke PRODI DCC besok pagi (minggu, 5 Agustus 2012). Pembicaraan lebih lanjut mengenai perkuliahan dan hasilnya silahkan langsung hubungi prodi masing² dan tidak perlu melalui saya lagi. Sekian dan terima kasih. 



0 komentar: