CONTENT

25 November 2007

Yahoo!

Yahoo! Yang kita kenal sebagai salah satu search engine, portal Web dan penyedia jasa e-mail terbesar diawali dari hobi dua orang pendirinya yaitu David Filo dan Jerry Yang saat mereka masih menuntut ilmu di Stanford University.

Yahoo! Yang kita kenal sebagai salah satu search engine, portal Web dan penyedia jasa e-mail terbesar diawali dari hobi dua orang pendirinya yaitu David Filo dan Jerry Yang saat mereka masih menuntut ilmu di Stanford University.
David dan Jerry mengawali semuanya pada Februari 1994 ketika mereka mulai mengumpulkan daftar link-link situs favorit yang sering mereka kunjungi di Internet. Setelah beberapa waktu, ternyata daftar yang terkumpul menjadi terlalu panjang dan luas. Untuk itu membagi daftar-daftar tersebut ke dalam beberapa kategori dan kembali mengumpulkan link-link lainnya. Setelah daftar pada tiap-tiap kategori juga semakin penuh, mereka kembali membaginya ke dalam sub kategori, inilah inti dari konsep portal web yahoo!.
Website yang pada awalnya dimulai sebagai “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web” kemudian diberi nama Yahoo! Yang merupakan kependekan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Yahoo! Ini sendiri pertamakali disimpan di Akebono, Workstation Jerry Yang, sementara software-nya disimpan pada konishiki komputer milik David Filo. Akebono dan Konishiki sendiri diambil dari nama dua orang pegulat sumo yang legendaris. Jerry dan David menyimpan situs mereka pertama kali di http://akebono.stanford.edu/yahoo.
Ternyata Jerry dan David bukanlah satu-satunya yang menginginkan sebuah tempat untuk memulai pencarian informasi di internet. Tidak lama kemudian, ratusan orang mulai mengakses situs mereka. Informasi yang menyebar dari mulut ke mulut tentang situs buatan David dan Jerry ini akhirnya mencapai hit 1 juta pertama mereka pada musim gugur 1994. Hanya beberapa bulan setelah didirikan.
Pada tahun 1995, mereka berhasil melobi Sequoia Capital untuk menginvestasikan sekitar 2 juta dolar AS untuk Yahoo!. Setelah itu mereka merekrut Tim Koogle dari Motorola sebagai Chief Executife Officer dan Jeffrey Mallet, pembuat aplikasi WordPerfect milik Novell sebagai Chief Operating Officer. Pada musim gugur 1995, kembali mereka berhasil mendapatkan investor yaitu Reuters Ltd, dan softbank. Yahoo! sendiri akhirnya terjun ke bursa saham pada April 1995. Saat itu total karyawan mereka sebanyak 49 orang. Saat ini Yahoo! Telah menjadi perusahaan raksasa di dunia dengan karyawan yang berjumlah ribuan orang.

Baca Selengkapnya

0 komentar: