CONTENT

25 November 2007

Sejarah Komputer

Swipoa/Abacus (500 SM)
Abacus atau Swipoa barangkali merupakan alat hitung tertua yang keefektifannya telah bertahan dari waktu ke waktu. Alat ini sampai sekarang masih digunakansebagai ilustrasi dasar penghitungan.


Mesin Hitung Pascal/Pascaline (1642)
Pascaline, mesin hitung ciptaan Pascal, menggunakan gir (roda gigi) berporos sebagai roda hitung untuk menghitung penjumlahan. Ia menciptakan mesin ini untuk membantu ayahnya, seorang penarik pajak, menghitung penerimaan pajak. Angka-angka pada setiap posisi digit dibuat pada roda sehingga satu putaran penuh salah satu roda menghasilkan sepersepuluh putaran roda berikutnya.


Blaise Pascal
Blaise Pascal (1623-1662), seorang filsuf dan ahli matematika berkebangsaan Perancis, menemukan dan membuat mesin penjumlahan secara mekanis yang pertama.Sekarang penemuan Pascal ini dihormati dengan penamaan bahasa pemrograman komputer populer yang menggunakan namanya.


Mesin Tenun Jacquard (1805)
Mesin tenun Jacquard diciptakan oleh Joseph-Marie Jacquard (1753-1834) yang berkebangsaan Perancis, mesin ini sampai sekarang masih digunakan. Mesin tenun Jacquard dikendalikan dengan kartu yang dilobangi secara strategis.Kartu berlubang (pons) ini dirangkai untuk menunjukkan rancangan tenunan tertentu.


Mesin Diferensi (Defference (Engine)) 1822-1833
Charles Babbage memperbaiki keadaan piranti penghitung dengan menciptakan"mesin diferensi' yang mampu menghitung tabel-tebel matematika. Sayangnya dia hanya menyelesaikan sebagian dari mesin diferensinya. Sementara ia bekerja pada mesin hitungnya, Babbage mempunyai pemikiran untuk membuatsebuah "mesin analitis." Pada intinya, ia membayangkan sebuah komputer untuk tujuan umum. Seperti rancangannya, mesin analistis ini akan mampu menjumlah, mengurangi, mengalikan, dan membagi secara berurut dan otomatis dengan kecepatan 60 penjumlahan per menit. Pada tahun 1833 ia merancang satu mesin yang membutuhkan ribuan gir dan poros yang jumlahnya dapat menutup luasan lapangan sepak bola dan harus digerakkan dengan mesin lokomotif. Babbage terus mengerjakan mesin analistis sampai akhir hayatnya. Dalam pembuatannya, Babbage dibantu oleh seorang asisten wanita bernama Augusta Ada King


Charles Babbage ( 1793-1871)
Konsep yang dipergunakan di dalam komputer tujuan umum sekarang ini diperkenalkan lebih dari seabad yang lalu oleh Charles Babbage, seorang pengkhayal dan guru besar di Universitas Cambridge yang berkebangsaan Inggris.


Lady Ada Lovelace (1843)
Lady Ada Lovelace terlahir dengan nama Augusta Ada King, menyarankan agar kartu-kartu berlubang dibuat dan dipergunakan untuk mengoperasikan mesin hitung buatan Babbage sehingga dapat mengulang pengoperasian tertentu. Karena sarananya ini, beberapa orang menyebut Lady Lovelace sebagai programmer wanita pertama. Dan namanya diabadikan menjadi nama sebuah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh departemen pertahanan Amerika pada tahun 1980. Yaitu bahasa pemrograman “ADA”.


Dr. Herman Hollerith (1884)
Herman Hellirith seorang ahli statistika, mendaftarkan hak cipta untuk mesin tabulasi mendaftarkan hak cipta untuk mesin tabulasi dengan kartu berlubang. Gagasan Hollerith untuk membuat kartu berlubang ini tidak diilhami oleh pekerjaan Jacquard atau Babbage, melainkan dari "fotografi lubang".Tiket kereta api yang dikeluarkan secara harian dan dilengkapi dengan ciri-cirifisik penumpang. Kondektur akan melubangi tiket untuk menandai warna rambut dan mata, serta bentuk hidung penumpang. Belakangan putri Hollerith menyatakan,"Tiket itu memberikan gagasan kepada ayah saya untuk membuat 'foto lubang' bagi stiap orang yang akan ditabulasikan, akhirnya 'foto lubang'ini dipergunakan dalam melaksanakan sensus penduduk di Amerika Serikatpada tahun 1890. Hak ciptanya diberikan tahun 1889.


Mesin Tabulasi dengan Kartu Berlubang
Biro Sensus Amerika Serikat tidak dapat menyelesaikan penghitungan sensus 1880 sampai tahun 1888. Segera pihak manajemen biro menyimpulkam bahwa sensus 10 tahunan akan membutuhkan waktu-waktu lebih dari 10 tahun untuk menyelesaikannya. Biro Sensus akhirnya memberikan wewenang kepada Hollerith untuk menerapkan keahliannya dalam menggunakan kartu berlubang pada sensus tahun 1890. Dengan menggunakan kartu berlubang dan mesin tabulasi kartu berlubang Hollerith, sensus itu dapat diselesaikan hanya dalam waktu tiga tahun dan proses itu menghemat biaya sebesar $ 5.000.000. Peristiwa ini membuat pemrosesan data secara otomatis mencuat ke permukaan. Hollerith mengembangan alat yang memakai kartu perforasi ini dan menjualnya ke masyarakat luas. Pada tahun 1896 ia mendirikan Tabulating Machine Company yang kemudian berubah menjadi International Business Machine (IBM) pada tahun 1924


Bangunan Kantor Pusat IBM Pertama (1924)
Pada tahun 1896 Herman Hollerith mendirikan Perusahaan Mesin Tabulasi (Tabulating Machine Company) yang pada tahun 1911 melebur menjadi satu dengan beberapa perusahaan lain membentuk Perusahaan Penghitungan Tabulasi Perekaman (Computing-Tabulating-Recording Company). Tahun1924, Thomas J. Watson, manajer umum perusahaan ini, mengubah nama perusahaan menjadi IBM (International Business Machines Corporation) kemudian pindah ke bangunan ini.


Jaman EAM (1920an Sampai 1950an)
Berpuluh-puluh tahun sampai pertengahan tahun 1950-an, teknologi kartu berlubang meningkat dengan pertambahan lebih banyak lagi piranti kartu berlubang dan kemampuan yang lebih canggih. Keluarga Mesin Hitung Elektromekanis (EAM) yang menggunakan piranti kartu berlubang mencakup pelobang kartu, penguji (Verifier), reproducer, summary punch, penterjemah (interpreter), penyortir (sorter), collator, calculator, dan mesin hitung. Kebanyakan piranti dalam ruang mesin tahun 1940an "diprogram"untuk melaksanakan operasi tertentu dengan memasukkan panel kendali yang belum berkabel. Seorang operator ruang mesin dalam instalasi kartu berlubang harus mempunyai fisik yang tangguh. Kartu-kartu berlubang dan hasil cetakan dipindahkan dari satu piranti ke piranti berikutnya dengan menggunakan gerobak dorong.


Dengan terjadinya perang dunia ke 2, maka perkembangan semakin pesat. Tahun 1941, seorang insinyur Jerman, Konrad Zuse membangun komputer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.


DR. John Atanasoff (1935)
Selama tahun 1935 sampai 1938, Dr. John Atanasoff, guru besar di Universitas Negeri Lowa, memulai memikirkan tentang mesin yang dapat mengurangi waktuyang diperlukan untuk menghitung perhitungan matematika yang rumit danpanjang. Keputusan-keputusan yang dibuatnya berkenaan dengan konsep seperti media elektronik dengan tabung-tabung hampa, sistem penomoran dengan dasarbilangan 2, memori, dan sirkuit logika memberikan arah pembuatan komputer modern.


ABC (1942)
Dr. Atasanoff dan Clifford E. Berry, salah seorang mahasiswa pasca sarjananya,merangkai prototipe ABC ( Atanasoff Berry Computer), yang pada tahun 1942 berubah manjadi model yang dapat bekerja seperti terlihat di samping. Namun, Negara Bagian Lowa, dunia usaha, dan mayarakat ilmiah hanya memberikan sedikit perhatian terhadap ABC. Misalnya ketika Dr. Atanasoff menghubungi IBM berkenaan dengan mesin yang disebutnya sebagai "mesin hitung tepat", perusahaan ini menjawab bahwa "IBM tidak akan pernah tertarik pada mesin hitung elektronik." Pada tahun 1973 pengadilan federal secara resmi memberikan pengakuan terhadap penemuan komputer digital elektronik otomatis Atanasoff.


MARK I (1944)
Komputer elektro mekanis pertama, disebut Mark I, merupakan hasil penelitian yang disponsori oleh IBM. Howard Aiken, seorang guru besar di Universitas Harvard, menyelesaikan pembuatan Mark I pada tahun 1944. Prinsipnya menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Untuk setiap proses penghitungan membutuhkan waktu 3 detik dan mempunyai banyak kemiripan dengan mesin analitis buatan Babbage. (Aiken tidak mengetahui pekerjaan Babbage.) Mark I merupakan kemajuan yang berarti dalam pengertian karya, tetapi pihak manajemen IBM tetap merasa bahwa komputer elektromekanis tidak akan dapat menggantikan perlengkapan dengan kartu berlubang.


ENIAC (1946)
Dr. John W. Mauchly bekerja sama dengan J. Presper Eckert,Jr. membuat mesin yang mampu menghitung tabel-tabel lintasan peluru untuk tentara Amerika Serikat. Produk akhirnya, komputer yang secara penuh dioperasikan secara eletronis dan berskala besar diselesaikan pada tahun 1946 dan diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Computer). Komputer ENIAC), ribuan kali lebih cepat dari komputer elektromekanis sebelumnya, menandai lompatan besar dalam teknologi komputer. Beratnya mencapai 30 ton dan memerlukan ruangan seluas 15.000 kaki persegi (1.393,5 persegi). Dengan jumlah tabung hampa lebih dari dari 18.000, komputer ENIAC membutuhkan catu daya listrik yang luar biasa besarnya. Suatu lelucon mengatakan bahwa ketika komputer ENIAC yang dibuat di Universitas Pennsylvania diaktifkan, lampu-lampu di kota Philadelpia padam. Karena skala dan komponen-komponen elektriknya yang mengagumkan serta dapat diterapkan secara luas, komputer ENIAC secara umum dianggap sebagai komputer digitalelektronik pertama yang fungsional.
UNIVAC I dan Komputer Generasi Pertama (1951)


Komputer generasi pertama (1951-1959) yang dicirikan dengan tabung hampa, umumnya dianggap sebagai komputer digital elektronis pertama yang diperkenalkan secara komersial. Universal Automatic computer (UNIVAC I) yang dibuat oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation, dipasang di Biro Sensus tahun 1951. Akhir tahun itu, CBS News memberitakan UNIVACI secara nasional ketika komputer itu dengan tepat memprediksikan kemenangan Dwight Eisenhower terhadap Adlai Stevenson pada pemilihan presiden AS dengan selisih suara hanya 5%.


IBM 650 (1954)
Belum sampai UNIVAC I mencapai keberhasilannya, IBM membuat keputusan dan berkomitmen untuk membangun dan memasarkan komputer. Komputer IBM pertama yang dipasarkan di pasar komputer komersial adalah IBM 701 pada tahun 1953. Namun demikian IBM 650 yang diperkenalkan pada tahun 1954 barangkali merupakan produk yang membuat IBM menikmati pangsa pasar komputer yang sehat saat ini. Tidak seperti beberapa pesaingnya. IBM 650 di rancang sebagai peningkatan logika bagi mesin kartu berlubang yang masih ada. Manajemen IBM semakin bertambah kuat dan memperkirakan penjualan sebesar 50 unit, angka yang jauh lebih besar dari jumlah komputer yang dipandang di AS pada waktu itu. Sebenarnya IBM memasang lebih dari 1000 komputer. Sisanya merupakan suatu sejarah tersendiri.


Honeywell 400 dan Komputer Generasi kedua (1959)
Penemuan transistor menandai dimulainya komputer generasi kedua (1959-1964). Generasi kedua dari komputer ialah mulainya penggunaan transistor sbg komponen utamanya, sehingga ukuran komputer menjadi lebih kecil. Juga dengan penemuan pengembangan memori inti magnetik menjadikan komputer generasi ini lebih kecil, cepat, dapat diandalkan dan lebih hemat energi. Pada generasi ini juga mulai ada printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program. Bahasa yang digunakan pada generasi ini adalah bahasa Assembly. Honeywell komputer membuat dirinya sendiri menjadi pemain utama dalam komputer generasi kedua. Pesaing-pesaing IBM terbesar selama tahun 1960-an sampai permulaan tahun 1970-an, seperti Burroughs, Univac, NCR, CDC, dan Honyewell, dikenal dengan nama BUNCH (merupakan rangkaian huruf-huruf awal tiap nama).


PDP-8 (1963)
Selama tahun 1950an sampai awal tahun 1960an, hanya perusahaan-perusahaan yang sangat besar yang mampu membeli komputer dengan harga enam dan tujuh digit. Pada tahun 1963 Digital Equipment Corporation memperkenalkan PDP-8. Komputer ini secara umum dianggap sebagai komputer mini pertama yang sukses. Dengan harga $ 18.000, PDP-8 yang berbasis pada transistor dengan segera mencapai keberhasilannya. Komputer ini membuktikan kebutuhan yang sangat mendesak akan komputer-komputer yang berukuran kecil bagi penggunaan perusahaan dan ilmiah. Menjelang tahun 1971, lebih dari 25 pabrik membuat komputer kecil. Digital dan Data General Corporation segera memimpin dalam penjualan dan pembuatan komputer mini.


IBM Sistem 260 dan Komputer Generasi Ketiga (1964)
Generasi ke 3 dari komputer dimulai dengan penggunaan Integrated Circuit (IC)/Sirkuit Terpadu yang ditemukan oleh Jack Kilby. Pada pengembangan selanjutnya, komponen komponen dimasukkan kedalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Komputer generasi ini lebih cepat, irit listrik dan lebih kecil serta kemampuan memori yang besar. Juga dapat digunakanuntuk multi procssing dan multi programming.
Salah satu peristiwa yang bagi beberapa penulis sejarah komputer dianggap paling penting dalam sejarah komputer adalah saat diumumkannya Komputer Sistem 360 oleh IBM pada tanggal 7 April 1964. Sistem 360 jalur dipergunakan dalam komputer generasi ketiga (1964-1971). Sirkuit terpadu menjalankan pengoperasian komputer generasi ketiga seperti transistor menjalankan komputer generasi kedua. Business Week yang melaporkan pengumuman IBM berkenaan dengan sistem 360 jalurnya, menulis "Di dalam cerita dari tahun ketahun tentang perubahan-perubahan besar produk, perubahan ini seperti Fordberalih dari model T ke Model A." Sistem 360 dan komputer-komputer generasi ketiga dari pabrikan lain membuat seluruh komputer yang dibangun sebelumnya menjadi usang.


Sirkuit Terpadu dan komputer Generasi keempat (1971)
Kebanyakan penjual komputer mengklasifikasikan komputernya sebagai komputer generasi keempat. Beberapa orang lebih suka menyatakan bahwa tahun 1971merupakan permulaan dari komputer generasi keempat, dengan diperkenalkannya penggabungan sirkuit-sirkuit elektronik berskala besar (lebih banyak sirkuitper unit ruang). Dasar teknologi komputer sekarang ini masih tetap sirkuit terpadu. Pernyataan ini tidak dimaksud untuk menyatakan bahwa selama dua dasawarsa ini dilewatkan dengan tanpa inovasi yang cukup berarti. Sebenarnya industri komputer telah mengalami keberhasilan yang menumpulkan otak karena kemajuan pesat dalam miniaturisasi sirkuit, komunikasi data, rancanganperangkat keras dan lunak, serta piranti input/output.


Apple II (1977)
Sebelum tahun 1975 dan tidak terlalu lama setelah diperkenalkan komputer pribadi (PC) Altair 8800 telah tersedia bagi perseorangan dan perusahaan sangat kecil. Peristiwa ini telah membawa perubahan yang terus menerus dalam masyarakat mengenai penerimaan mereka terhadap komputer. Tentu saja keberanian mengambil resiko usaha yang paling menonjol selama tahun-tahun pertama PC adalah komputer Apple II . Dua orang muda penggemar komputer, Steve Jobs dan Steve Wozniak (saat itu masing-masing berumur 21 tahundan 26 tahun), bekerja sama untuk menciptakan dan menbangun komputer Apple II-nya sendiri secara tambal sulam dalam garasi jobs. Tujuh tahun kemudian,Apple Computer masuk dalam daftar Fortune 500, sebuah daftar yang memuat 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat.


PC IBM (1981)
Pada tahun 1981 IBM melemparkan topinya ke gelanggang komputer pribadi dengan mengumumkan PC IBM. Pada tahun pertama 35.000 komputer terjual. Pada tahun 1982, 800.000 komputer terjual, dan PC IBM dengan sendirinya menjadi standar bagi industri mikro. Ketika penjual perangkat lunak mulai mengarahkan produk-produknya ke PC IBM, banyak pabrikan komputer menciptakan dan menjual tiruan (clones) PC IBM. Kelompok-kelompok ini disebut IBM-PCcompatibles, menyebabkan kebanyakan perangkat lunak dirancang bagi PC IBM.


Komputer Generasi kelima
Generasi ini masih sangat muda sehingga sulit didefinisikan, contoh imajinatif komputer generasi ini adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke. Hal9000 mempunyai Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) sehingga cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual dan belajar dari pengalamannya sendiri. Komputer generasi ini dipelopori oleh negara Jepang dengan lembaga ICOT-nya (Institute for New Computer Technology)


Teknologi Komputer Saat Sekarang
Teknologi komputer yang ada saat sekarang ini berukuran lebih kecil, namun mempunyai kecepatan proses yang jauh lebih tinggi, harga yang lebih murah dan lebih berdaya guna bila dibandingkan dengan generasi ENIAC. Karena melonjaknya produksi komputer mikro, pemakai pribadi yang bukan profesional dalam bidang komputer saat ini merupakan pengguna mayoritas. Untuk membuat komputer lebih bersahabat , banyak perusahaan komputer mengembangkan Graphical User Interface (GUI) yang dapat memberikan gambar dan menu (daftar pilihan perintah) yang dapat dipilih oleh pengguna hanya dengan menggunakan mouse. GUI ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Apple dan dipergunakan dalam Macintosh.


Macintosh juga telah mengembangkan GUI yang serupa yang dikenal dengan nama Windows. Selain itu kebanyakan program terapan yang beru sekarang dilengkapi dengan tutorial dan menu bantu yang cukup luas bagi para pengguna baru.


Sejak tahun 1981 industri komputer micro telah terpisah yaitu antara komputer mikro Apple dan komputer mikro IBM. Kedua kelompk ini tidak dapatmempergunakan program-progeam yang sama. Pada tahun 1991, Apple dan Motorolla memasuki kesepakatan bersama yang menghasilkan pengembangan komputer mikro yang dapat dipindah-pindahkan antara data Macintosh dengan data IBM. Bahkan kedua kelompok ini telah berpacu untuk sering meningkatkan kecepatan maupun kemampuan masing-masing produknya.


Baca selengkapnya

1 komentar:

jujum mengatakan...

BaguZz>>>>>>>>>>>>>>

makasih Y>>>>>>

ne sangat MeMbanTu tuGas W.......