CONTENT

14 Oktober 2008

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Abstract
The childhood is a very important period, because it is basic and foundation of the next education. Everything a child got since he is early childhood will be imporinted in his memory and one time will emerge and little by little can influence his behaviour. Hence education of early child have to get more attention.

The organ early childe (3-4 years old) have growon perfectly and have fast progress. His motoric and cognitive ability have grown better. So that ready for getting education.

The suitable Methods of early child are playing while learning method, accustomed method and good figure method. This methods are in accordance with his growth and ability

Keyword : education, age child early, method


A. PENDAHULUAN

Berkembangnya Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi memberikan nilai positif terhadap dunia pendidikan. Nilai positif tersebut ditandai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan. Para orang tua memiliki kesadaran bahwa mereka memiliki tanggungjawab untuk mendidik anak sejak usia dini. Hal ini berdasarkan pandangan bahwa untuk mendidik anak yang berkualitas harus dimulai dari awal. Pendidikan lanjutan merupakan kelanjutan dari pendidikan yang diperoleh sejak kecil. Oleh karenanya sejak awal pendidikan perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya.

Masa kanak-kanak merupakan gambaran awal manusia sebagai seorang manusia. Dimana kebaikan dan keburukan, dengan lambat namun jelas berkembang mewujudkan dirinya. Mendidik anakusia dini harus lebih mendapat perhaitan. Sesuatu yang diterimanya sejak kecil akan membekas dalam ingatannya dan ini suatu ketika akan muncul ke permukaan dan sedikit demi sedikit dapat mempengaruhi perilakunya. Sedikit saja kita membuat kesalahan dalam cara mendidik akan membawa dampak buruk bagi perkembangan anak di masa depan. Kesulitan-kesulitan yang dialami seseorang di masa kanak-kanak akan berpengaruh pada masa-masa sesudahnya. Misalnya seseorang yang memiliki penyesuaian yang buruk pada masa kecil akan memiliki kesulitan penyesuaian pada masa-masa pra sekolah hingga sekolah menengah atau universita.

Mengingat pentingnya masa kanak-kanak ini sebagi dasar dan pondasi bagi pendidikan yang lebih tinggi, maka penulis ingin membahas pendidikan anak pada usia dini, meliputi perkembangan anak pada usia 3-4 tahun (usia pra sekolah) dan metode apa yang cocok digunakan bagi anak pra sekolah.

download komplitnya disini

0 komentar: