CONTENT

21 November 2008

ALEXANDER AGUNG

Sejarah manusia telah melahirkan beberapa orang raja yang mencoba menaklukkan seluruh dunia. Diantara mereka itu yang paling awal melakukannya dan paling berhasil adalah Alexander Agung. Hal ini terjadi lebih dari 2300 tahun yang lalu. Setelah memantapkan hegemoni makedonia, kerajaan yang diwarisinya, atas negara kota-negara kota Yunani, kecuali Sparta, dan bergerak mengadakan penaklukkan ke berbagai wilayah Asia dan Afrika, maka kekuasaannya menjadi sangat luas dan membentang ke timur sampai ke India, ke utara sampai Skitia dan ke selatan sampai Mesir dan Teluk Persia.

Berbeda dengan para penakluk sesudahnya, seperti Timurleng, yang melakukan penghancuran, pembunuhan dan penindasan di negeri-negeri yang dikalahkan, Alexander ingin memajukan negeri-negeri yang ditaklukkannya dan memperlakukan rakyatnya dengan manis. Dengan kebijaksanaannya ini, ia memperkenalkan jaman baru dalam sejarah dunia yang dikenal dengan nama Zaman Hellenisme.

Hebatnya Alexander telah mencapai puncak prestasinya dalam usia relatif muda. Oleh karena itu tidak mengerankan bila Napoleon menjadikannya sebagai pahlawan idolanya. Di St. Helena ia menyatakan hal itu bukan hanya karena Alexander merupakan seorang jenderal yang hebat, tapi juga karena ia seorang negarawan yang dalam usia 33 tahun telah meninggalkan imperium yang luas dan mapan, dan mampu membuat orang-orang yang ditaklukannya menjadi teman.

Makalah ini secara ringkas akan membahas kehidupan Alexander dan penaklukan-penaklukan yang dilakukannya serta kebijaksanaan-kebijaksanaan yang ditempuhnya dalam memerintah negeri taklukan, yang mendorong tersebarnya peradaban Yunani di negeri-negeri itu, termasuk Timur Tengah, terutama Mesir.



Download komplitnya disini

0 komentar: