CONTENT

08 Agustus 2009

DOUBLE VISION: Bekerja dan Bersenang-senang

Mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik mungkin adalah suatu hal yang sudah sangat biasa anda lakukan. Namun pernahkah terbersit keinginan untuk bisa mengerjakan tugas sambil menonton sebuah film? Misalnya mengerjakan sebuah presentasi dengan powerpoint sambil menonton video di YouTube.


Seandainya bisa begitu tentunya pekerjaan di kantor tidak akan terasa membosankan lagi, anda tetap bisa berkarya sambil menghibur diri sendiri. Anda senang, Boss puas.

Pernah dengar tentang sebuah browser yang bernama Double Vision? Double Vision adalah salah satu web browser terbaik untuk hal semacam ini. Memungkinkan anda melihat dan berinteraksi dengan dua aplikasi pada saat yang sama, tanpa harus berpindah jendela dan kembali lagi. Jadi, Anda dapat bekerja pada sebuah tugas presentasi, misalnya, sambil menonton video pada saat yang sama.

Secara teknis, Double Vision adalah sebuah browser, namun memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari browser lain dan menjadikannya sempurna untuk jenis situasi diatas.



Yang harus anda lakukan pertama adalah mendapatkan Double Vision disini. Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah anda siap menggunakannya, cobalah buka suatu aplikasi apa saja, misalnya word, excell, power point, atau sekedar windows explorer. Lalu anda jalakan Double Vision browser (jadi tampilan dari browser double vision akan berada di depan dari aplikasi yang anda buka tadi) dan silahkan anda brosing ke situs pilihan anda seperti biasa anda lakukan pada browser lain, misalnya anda buka facebook anda). Setelah itu, klik pada tanda ”Double Vision Mode”, browser akan berubah menjadi transparan dan (ini bagian menariknya)- anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti, mengetik teks ataupun klik sana-sini sesuka anda pada aplikasi yang pertama anda buka (Word, Excell,Ppoin,dll) dengan layar tampilan facebook masih tetap terlihat dan berada di depan. Dengan demikian anda akan
bisa terus bekerja sambil browsing dan melihat update status terbaru teman-teman anda di facebook.

Mungkin saja di kantor anda ada larangan untuk browsing sambil bekerja? Maka gunakan aplikasi ini. Namun bila tiba-tiba supervisor anda datang menghampiri meja kerja anda, maka jangan kuatir, cukup tekan tombol Ctrl + Esc dan browser akan menghilang dan suara yang mungkin timbul (bila anda menonton video di YouTube) akan lenyap, jadi seolah-olah anda sedang tekun bekerja dan tidak pernah melakukan hal lain selain fokus pada pekerjaan anda.

Namun begitu supervisor berlalu, Tekan Ctrl + ESC lagi dan layar browser Double Vision akan kembali muncul, begitu pula dengan suaranya.




Pada pojok kiri sebelah atas dari browser terdapat menu untuk pengaturan browser seperti; Move Window (menggeser browser), Return to ‘Normal mode’ untuk kembali ke mode normal (Double Vision sebagai tampilan utama/ tidak transparan) dan sebuah slide geser yang mengatur level dari transparasi.



Anda juga dapat menggunakan browser ini untuk melihat video yang ada di dalam harddisk. Jadi…. Selamat bersenang-senang.

Catatan:
Sayangnya saya tidak bisa menggunakan aplikasi ini saat sedang mengajar dalam perkuliahan karena yang tampil di layar laptop juga akan tampil pada proyektor
. .

0 komentar: