CONTENT

19 Agustus 2009

Memperbaiki Keping CD/DVD dan Recover Data


CD dan DVD adalah media penyimpanan yang sangat rentan, gampang tergores dan mudah pecah/retak. Sedikit goresan pada kepingnya bisa membuat data susah untuk dibaca. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki CD/DVD tersebut.



ANATOMI GORESAN

Goresan yang tegak lurus (dari bagian tengah ke arah luar) pada umumnya kurang berbahaya atau merusak daripada goresan yang terjadi dalam bentuk spiral/lingkaran. Jadi jika CD / DVD memiliki lebih dari dua goresan spiral/lingkaran/lengkung dan bahkan goresan lurus yang saling tumpang tindih, maka kesempatan memulihkan data dari CD atau DVD akan menjadi minim. Walaupun demikian, anda dapat mencoba trik berikut :



SOFTWARE PENYELAMAT DATA DARI CD / DVD YANG TERGORES

Pertama kali yang harus anda coba adalah menggunakan beberapa software yang membuat hidup lebih mudah untuk menyelamatkan data dari disk. Anda bisa mencoba lebih dari satu aplikasi jika aplikasi yang pertama mengalami kegagalan. Beberapa aplikasi kadang berhasil sementara aplikasi yang lain gagal. Salah satu yang cukup bagus adalah CD Recovery Toolbox.



Anda tinggal jalankan programnya, masukkan CD, DVD, HD DVD atau keping Blue-Ray yang tergores/rusak tadi dan software akan menunjukkan kepada anda daftar file/folder yang ditemukan dalam disk. Pilih file/folder yang ingin anda selamatkan dan klik NEXT. Prosesnya bisa sangat lambat, jadi anda harus sangat sabar. Hitung-hitung latihan kesabaran, bentar lagi kan puasa.


Software lain yang bisa anda coba adalah Roadkil’s Unstoppable Copier. Sejenis software yang sama fungsinya, yaitu untuk mengembalikan data dari disk yang rusak. Jika proses recovery berjalan sangat lama, anda bisa memilih menu pause, save dan resume di lain waktu.



Jika anda menggunakan Linux, anda bisa mencoba ddrescue. Aplikasi berdasarkan command line yang menawarkan banyak pilihan, seperti dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:



CARA MANUAL MEMPERBAIKI CD/DVD

Jika disk terdapat goresan yang dalam. Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya agar disk dapat dibaca lagi. Cara terbaik adalah pasta gigi whitening atau beberapa Polish (khususnya pembersih lensa optik), atau bisa juga Brasso (semir gosok untuk mengkilapkan logam).

# langkah awal adalah membersihkan permukaan disk dengan kain yang lembut (bekas kaos dalam atau kain kacamata). Anda bisa menggunakan deterjen jika terdapat kotoran yang menempel pada disk. Pastikan tidak ada bekas jari atau partikel debu. Jangan menggosok terlalu keras karena dapat menambah goresan.
# lalu oleskan pasta gigi atau polish pada permukaan yang lecet. Jangan terlalu banyak, mulailah dengan mengoleskannya sedikit saja. Jika terlalu banyak maka akan ada banyak sisa yang harus anda ratakan.
# gosok dan ratakan pasta gigi tersebut dengan hati-hati menggunakan kain lembut. Cara menggosoknya adalah dengan cara menggosok spiral dimulai dari tengah ke arah luar.

Bila anda lakukan dengan benar, maka akan terlihat goresannya sudah berkurang. Dan bila anda lakukan dengan sempurna maka goresannya benar-benar hilang.

Tingkat keberhasilannya sangan bervariasi, bisa saja anda gagal. Kadang data bisa dibaca, kadang pula tidak. Saya memiliki tingkat keberhasilan dan kegagalan yang sama banyak.


BEBERAPA TIPS

# coba lakukan pembacaan CD pada CD/DVD Writter, perangkat ini memiliki kemampuan baca yang lebih baik dibandingkan dengan CD ROM biasa.
# Bila CD yang anda coba perbaiki adalah hasil copyan, coba anda baca CD tersebut dari perangkat yang dipergunakan untuk membuat copy-nya.
# Bila cara-cara diatas (software/manual) berhasil, segeralah buat backup CD tersebut.
# Belilah CD/DVD Blank yang berkualitas
# Berhati-hatilah dengan penyimpanan keping CD anda


JIKA SEMUA CARA TIDAK BISA

Jangan kuatir, anda masih bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan keping CD tersebut. Anda bisa membuat hiasan meja, dinding, jam, dan lain-lain, tergantung imajinasi anda. Hehehe.

Anda punya cara/software lain ? mari berbagi pengetahuan.

0 komentar: