CONTENT

22 Agustus 2009

Membersihkan Layar LCD secara Efektif

Membersihkan layar laptop dan LCD monitor sangat berbeda dengan cara membersihkan layar monitor biasa (CRT). Prosesnya membutuhkan perawatan yang lebih dan kehati-hatian. Alasan utamanya adalah karena pada layar CRT semua terbuat dari kaca sehingga lebih aman dari goresan yang dikarenakan debu atau sentuhan dibandingkan dengan layar LCD.


Anda dapat mengikuti tips berikut untuk membersihlan layar LCD anda untuk menjaga layar tetap bersih dan kinclong.

APA YANG DIBUTUHKAN ?

  1. kain yang lembut
  2. Air distillasi (isopropyl alcohol atau cuka putih bila terdapat noda minyak pada layar)
  3. Botol semprot. (yang dipake buat salon atau semprotan tanaman)




CARA MEMBERSIHKAN.

  • Jika hanya untuk membersihkan debu yang menempel di layar, maka air terdistilasi sudah sangat baik. Jika terdapat noda sidik jari pada layar atau noda berminyak maka campuran dari air terdistilasi dan isopropyl alcohol akam membersihkanya. Catatan : jangan pernah membersihkan layar LCD dengan kain kering, karena akan meningkatkan resiko layar tergores.
  • Isopropyl Alcohol harus dicampur dengan air terdistilasi.
  • Hasil campuran diatas, anda masukkan ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan hasil campuran diatas ke kain, JANGAN langsung pada monitor. Pada saat menyemprot ke kain, pastikan percikan air tidak mengenai layar.
  • Usapkan kain lembab tadi ke layar secara perlahan-lahan dan lembut. Bersihkan secara horizontal dan vertical untuk hasil yang paling baik. Namun jika ada bagian yang membutuhkan pembersihan lebih lanjut maka anda dapat melakukan pengusapan secara melingkar di daerah yang ternoda.

Apa yang tidak boleh dilakukan ?

  • JANGAN pernah gunakan carian pembersih seperti : pembersih kaca, sabun, shampoo, dll. Pembersih tersebut mengandung zat kimiawi yang bisa merusak layar. Pada intinya, jangan pernah gunakan zat yang mengandung ammonia, acetone, toluene atau etil alcohol.
  • JANGAN menyemprotkan cairan ke layar. Jika anda tidak punya botol semprot untuk keperluan pembersihan, maka bisa anda teteskan saja cairan pembersih ke dalam kain, namun pastikan kain hanya lembab saja dan tidak basah.
  • Jangan gunakan tisu, kertas Koran atau handuk untuk membersihkan layar.
  • Jangan gunakan air ledeng/air pam karena sangat mungkin mengandung garam yang akan merusak layar.
  • JANGAN membersihkan saat peralatan dalam kondisi menyala. Dengan mematikan layar monitor akan menghasilkan layar hitam sehingga dengan mudah anda dapat melihat debu yang menempel pada layar.
  • Jangan menekan terlalu keras pada layar saat membersihkan.


Demikan beberapa tips yang bisa anda pratekkan saat membersihkan layar LCD. Anda punya tips lain? Silahkan ditambahkan pada bagian komentar.

0 komentar: