CONTENT

27 November 2009

15 + 5 Software gratis yang harus anda miliki

Ratusan software gratis tersedia di internet yang siap anda unduh, sehingga terkadang malah bikin pusing mana yang harus diinstall dan mana yang harus dibuang. Untuk mempermudah anda, saya coba memberikan 15 daftar Software penting yang dapat anda gunakan untuk keperluan sehari-hari anda. Yang pasti semua Gratis...


Berikut daftarnya :

  1. Firefox / Chrome (Web Browser)
  2. AVG Anti-Virus (Anti-virus Software)
  3. Auslogics Disk Defrag (Disk Defragmenter)
  4. Glary Utilities (System Maintenance)
  5. Malwarebytes (Spyware Removal)
  6. IZArc (Universal Archiver / Extractor)
  7. Google Picasa Software (Photo Management)
  8. doPDF (PDF Printer)
  9. 9. Memento (Post-It Notes)
  10. xVideoServiceThief (YouTube Video Downloader)
  11. Mozy (Backup)
  12. Digsby (Multi-protocol Instant Messenger)
  13. VLC Media Player (Video Player)
  14. Foobar2000 (Music Player)
  15. ImgBurn (CD / DVD Image Burner)
  16. -20. Plus 5 Bonus Program

1. Firefox / Chrome (Web Browser)

Baik Firefox ataupun Google Chrome adalah browser yang hebat. Keduanya terhitung cepat, user-friendly dan terkenal akan keamanannya. Jadi yang mana yang akan anda pilih? Sebagai petunjuk bagi anda, jika anda menginginkan browser yang memiliki banyak fitur tambahan (mis. blocker, password manager, video downloader, page translator, dll), maka sebaiknya anda memilih Firefox

Anda bisa melihat semua fitur tambahan yang dapat anda pasang di browser Firefos anda di alamat https://addons.mozilla.org/. Walaupun Google Chrome juga menyediakan beberapa fitur tambahan yang dapat anda pasang, namun jumlahnya sedikit terbatas.

2. Anti-Virus (Anti-virus Software)

AVG Free Anti-Virus merupakan anti-virus software gratisan yang sangat populer. Software ini juga menjadi pemuncak di daftar software yang paling sering di download pada situs Download.com.

Penggunaanya yang mudah, hanya membutukan sedikit sumber daya, serta fitur auto-updates otomatis dengan virus definitions yang diupdate setiap hari membuat AVG sangat pantas untuk anda pasang di PC anda.

Untuk anda yang sering berbelanja di internet dan sering menggunakan online banking, AVG merekomendasikan AVG Internet Security. Walaupun AVD Internet Security tidaklah gratis, namun menawarkan perlindungan menyeluruh bagi kegiatan anda berselancar di dunia maya sehingga membuat anda aman.

Download AVG Free: http://free.avg.com/gb-en/homepage
Download AVG Internet Security (Free Trial): www.avg.com/gb-en/download

(Platform: Hanya untuk Windows)

Anda bisa juga memadukan AVG dengan antivirus buatan lokal seperti, SmadAV , Ansav maupun PCMav . Namun berdasarkan survey kecil-kecilan yang saya lakukan, SmadAV menjadi pilihan pertama dari teman-teman saya.

3. Auslogics Disk Defrag (Disk Defragmenter)

Auslogics Disk Defrag didesain untuk menyembuhkan sistem komputer yang sudah melambat dan mencegah crash dengan melakukan fragmentasi disk. Windows memang memiliki disk-defragmenternya sendiri, namun Auslogics Disk Defrag dapat melakukannya dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Penggunaannya juga sangat mudah, dan yang pasti sangat cepat dibandingkan dengan software sejenis lainnya.

Diantara sekian banyak Software disk defragmenter, Auslogics menjadi pilihan utama berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh Lifehacker dan CNET.

Download Auslogics Disc Defrag: www.auslogics.com/en/software/disk-defrag/overview

(Platform: Hanya untuk Windows)

4. Glary Utilites (System Maintenance)


Glary Utilities adalah sebuah software perawatan sistem gratis yang dapat digunakan untuk melindungi, membersihkan, memperbaiki dan mempercepat kinerja PC. Dirancang sesimple mungkin sehingga anda dapat secara otomatis menjalankan semua pilihan optimisasi dan perbaikan hanya dengan menekan 1 tombol saja.

Namun yang terhebat dari Glary Utilities adalah didalamnya terintegrasi lebih dari 15 tool yang sangat berguna dan paling sering digunakan pada setiap pengguna komputer. Berikut daftarnya :

- Uninstall Manager
- Startup Manager
- Memory Optimizer
- Context Menu Manager
- Registry Defrag Tool
- Track Eraser
- File Shredder
- File Undelete
- File Encrypt/Decrypt Tool
- Disk Space Usage Analysis
- Duplicate File Finder
- Empty Folder Finder
- File Splitter and Joiner

Perhatian ! sangat disarankan anda membuat sebuah System Restore point saat menggunakan software-software system maintenance seperti Glary Utilities. Hal ini adalah suatu tindakan pencegahan yang sangat penting.

Catatan : Selama proses instalasi, pastikan untuk menghilangkan tanda check pada pilihan Ask Search toolbar.

Download Glary Utilities: www.glaryutilities.com/gu.html?tag=download

(Platform: Hanya untuk Windows)

5. Malwarebytes Anti-Malware (Spyware Removal)

Malwarebytes termasuk dalam top 10 most downloaded software pada situs Download.com. Sebuah tool sederhana yang mampu melakukan pekerjaan yang sangat penting, yaitu melindungi komputer dari spyware, hijackers, keyloggers dan semua jenis malware lainnya.

Yang membuat Malwarebytes menjadi sangat popular adalah paket library yang sangat besar yang mampu untuk melindungi komputer anda. Paket libraty inilah yang membuatnya sangat efektif untuk mendeteksi adanya spyware dalam komputer anda.

Malwarebytes mungkin tidak sekomplit Spybot Search and, yang mempunyai banyak tool, tapi Malwarebytes adalah alternative yang jauh lebih ringan dan tidak boros resource serta memiliki cakupan perlindungan terhadap spyware yang sangat hebat.

Terdapat dua versi, free dan premium. Yang membedakannya hanya pada perlindungan real time. Dengan perlindungan real time pada paket premium, Malwarebytes akan memberikan alarm adanya spyware bahkan sebelum spyware tersebut melakukan instalasi otomatis dalam komputer anda.

Download MalwareBytes (Free): Download
Download MalwareBytes (Premium): https://store.malwarebytes.org

(Platform: Hanya untuk Windows)

6. IZArc (Universal Archiver / Extractor)

Satu perangkat pengarsipan untuk semuanya. Ya.. begitu mungkin semboyan yang tepat untuk Izarc, anda tidak lagi memerlukan program-program sejenis yang biasanya hanya mampu untuk membuka/membuat satu buah file saja. Seperti ZIP, RAR, ACE, 7-ZIP, TAR dan lain-lain. IZArc dapat menangani SEMUANYA.

Pada dasarnya tool unpacker/archiver ini memberikan anda segalanya yang mampu diberikan oleh program lain yang lebih populer (ex. Winzip, Winrar dll.) TAPI memiliki fitur tambahan dan dukungan yang sangat luas untuk format-format pengarsipan lainnya. Izarc mampu mengurai lebih dari 40 format archived folder. Jadi pastinya dia memiliki kemampuan yang jaaauuuuhhh lebih banyak dari yang lainnya.

Ada satu hal lagi, anda bisa juga menggunakan IZArc untuk membuka CD image file seperti ISO, BIN, CDI dan NRG.

Catatan : saat menginstall IZArc, pastikan untuk menghilangkan tanda centang pada pilihan “recommended” untuk menginstall PalTalk.

Download IZArc: http://www.izarc.org/download.html

(Platform: Hanya untuk Windows)

7. Google Picasa Software (Photo Management)

Picasa akan secara otomatis menemukan semua photo dalam PC anda, dimanapun file tersebut berada, dan mengaturnya hanya dalam beberapa detik. Ini merupakan sebuah photo manager, editor dan viewer untuk komputer anda

Juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki masalah-masalah umum pada photo (misalnya : red eyes), menambahkan effect dan juga fitur pengenalan wajah.

Fitur :

  • Mampu membuat video slideshows dan photo collages dari koleksi foto anda.
  • dengan kemampuan pengenalan wajah, Google Picassa mampu mengorganisasi photos berdasarkan orang-orang di dalam foto tersebut
  • Menjelajahi photo berdasar folder, albums, dan orang-orang.
  • menandai foto anda dalam Google Maps.
  • cukup satu klik untuk memperbaiki masalah-masalah umum seperti red-eye, warna, dan pencahayaan.
  • 12 efek yang sangat cool untuk membuat photo anda lebih baik

Anda dapat mempelajari lebih lanjut dengan melihatnya di Youtube video. Tim dari Google bahkan telah membuat panduannya di guide for Picasa. Software ini sangat saya sarankan untuk pengguna pemula.

Download Picasa Software: http://picasa.google.com/

(Platform: Windows / Mac / Linux)

8. doPDF (PDF Printer)

Hampir semua orang pasti pernah merasa perlu untuk menkonversi dokumen ke PDF. Untuk itu saya menyarankan doPDF, sebuah konverter PDF yang sangat mudah penggunaannya. Cara kerjanya dengan membuat sebuah virtual printer yang dapat anda pergunakan untuk membuat sebuah file PDF dari dokumen mana saja, yang penting ada pilihan untuk memprint dokumen tersebut.

Kapanpun anda butuh mengkonversi dari halaman web, Word document, Excel, photo atau yang lain ke format PDF, yang perlu anda lakukan tinggal arahkan pilihan printer anda ke doPDF dari 'Printer' drop-down menu.

Anda dapat mengatur resolusi dari 72 dpi ke 2400 dpi.

Download doPDF: www.dopdf.com

(Platform: Hanya untuk Windows)

9. Memento (Post-It Notes)

Taruhan, anda pasti belum pernah mendengar tentang software ini. Memento bare-bones post-it notes program yang sangat simple untuk desktop anda. Dia jauh lebih baik dari semua program sejenis yang pernah dibuat karena kesederhanaannya dan keefektifannya.

Ketika anda menginginkan sebuah program yang mengatur semua kegiatan anda tetap sesuai jadwal, Memento dapat membantu anda. to can help. Memento juga menggunakan sumber daya sistem yang sangat kecil.

Memento juga sangat mudah untuk ditransfer antar PC, semua kegiatan dan catatan anda akan tersimpan di Memento.notes file yang berada di folder My Documents.

Fitur:

  • cukup dobel click memento ikon pada taskbar untuk membuat sebuah lembar catatan.
  • tampilkan/sembunyikan lembar catatan pada desktop.
  • mampu untuk memposisikan diri di depan semua tampilan jendela aplikasi yang anda buka.
  • dapat anda geser dan letakkan dimana
  • autosave secara otomatis
  • Lembar catatan dapat anda atur ukurannya
  • Secara acak mewarnai setiap lembar catatan, sehingga anda akan dapat dengan mudah memilih catatan-catatan yang telah anda buat
  • mampu membuat lembar kerja yang transparan.>
Download Memento: http://www.guyswithtowels.com/downloads.html

(Platform: Hanya untuk Windows)

10. xVideoServiceThief (YouTube Video Downloader)

Siapa sih yang tidak kenal Youtube? Bahkan kepopuleran Youtube telah melebihi Yahoo.
Satu-satunya kekurangan pada Youtube hanyalah tidak tersedianya pilihan untuk mendownload video-video yang ada didalamnya. Anda butuh sebuah software yang mampu untuk mendownload video dari Youtube dan disimpan dalam komputer anda.

Untungnya, saat ini terdapat banyak sekali software gratis yang mampu mendownload video dari Youtube. Salah satunya yang saya rekomendasikan adalah xVideoServiceThief. Selain kemampuannya untuk mendownload video, software ini juga mampu untuk mengkonversi secara otomatis video yang anda donwload ke format lain, seperti : AVI, MOV, MPEG, DIVX, MP4 dan lain-lain.

Lebih jauh lagi, xVideoServiceThief dapat anda gunakan untuk situs-situs video lainnya seperti Yahoo Video, Google Videos, Metacafe, Dailymotion, CollegeHumor, dll .

Download: http://xviservicethief.sourceforge.net/index.php?action=downloads

(Platform: Windows / Mac / Linux)

11. Mozy (Backup)

Backup sangat penting sekali. Mungkin banyak sekali software back up yang anda kenal. Kali ini saya akan memperkenalkan Mozy. Sebuah software backup dan recovery yang berjalan secara online. Anda bisa memilih file dan folder dalam komputer anda dan secara aman membackup file dan folder tersebut.

Semuanya diatur secara otomatis, anda hanya perlu mengatur pilihannya sekali saja dan Mozy akan melakukan pekerjaan membackup data anda secara otomatis tiap kali anda online tanpa perlu anda perintahkan lagi. Yang lebih hebat lagi, saat anda membuat perubahan pada sebuah dokumen atau file pada sebuah folder yang telah anda pilih untuk dibackup, secara otomatis perubahan yang telah anda buat akan terbackup dengan baik. Jadi data backup anda akan selalu up-to-date.

Bila ada file yang korup, tidak sengaja terhapus atau terjadi kerusakan hardware, anda dapat dengan mudah mengembalikan data yang telah anda backup dari web Mozy.

Mozy menwarkan paket free dan premium accounts (hanya $4.95/bulan). Perbedaannya hanyalah ruang backup yang disediakan. 2 GB untuk versi gratis, dan itu sudah sangat mencukupi untuk membackup file atau dokumen penting anda. Namun bila anda ingin membackup koleksi musik, photo, video atau mungkin isi keseluruhan harddisk anda, sebaiknya anda memilih premium accounts.

Download Mozy (Free): https://mozy.com/registration/free/
Download Mozy (Unlimited): https://mozy.com/registration/unlimited/

(Platform: Windows / Mac)

12. Digsby (Multi-protocol Instant Messenger)

Jika anda seorang yang maniak chatting, maka software ini sangat cocok untuk anda. Cukup anda install Digsby dan anda akan bisa ngobrol di semua fasilitas chatting yang tersedia, sebut saja MSN, Yahoo, Aim, Google Talk, Facebook, Myspace, ICQdan Jabber. Jadi buang jauh-jauh semua software chatting anda seperti Yahoo Mesenger, MSN Mesenger, dan lain-lain karena anda tidak membutuhkannya lagi. Dan yang pasti akan lebih menghemat pemakaian harddisk anda.

Kehebatan yang kedua, anda dapat mengakses semua email anda, baik membaca ataupun membalas email. Jika anda punya Gmail, Yahoo, Hotmail, AOL/AIM Mail. POP Email, dan IMAP Mail, maka anda bisa mengakses semuanya dari Digsby.

Itu belum semuanya bro, anda juga bisa memonitor status anda, juga pesan dari Facebook, Twitter, Myspace dan akun LinkedIN. Cool, huh ?

Fitur lainnya adalah :
  • Chat history, semua percakapan yang telah anda lakukan akan otomatis tersimpan, bahkan anda bisa melakukan pencarian terhadap percakapan tertentu berdasarkan sedikit informasi yang anda punya.
  • File transfer history, menyimpan daftar dari file yang dikirim/diterima

(Perhatian: berhati-hatilah saat menginstal Digsby pada komputer anda. Pastikan anda tidak memilih komponen-komponen yang tidak anda butuhkan (walaupun secara default komponen tersebut tercentanf). Yang kedua, setelah Digsby terinstall, masuklah ke Preferences window dan disable Digsby research)

Download Digsby: www.digsby.com

(Platform: Windows / Mac / Linux)

13. VLC Media Player (Video Player)

Suatu video player dengan reputasi yang menakjubkan. Lebih dari 67 juta kali didownload, 7 download setiap menitnya membuat VLC menjadi video player yang sangat populer.
VLC adalah sebuah multimedia player porbale yang mendukung banyak audio dan video format dan dapat memainkan banyak sekali format video. Plus, anda tidak memerlukan codec tambahan, program atau paket codec tertentu.

VLC dapat dijalankan oleh semua orang, baik pemula ataupun expert untuk memutar file video. Juga bisa untuk memutar Youtube Video, mengkonversi file video, play subtitles, dll.

Download VLC: www.videolan.org/vlc/

14. Foobar2000 (Music Player)

The foobar2000 adalah pemutar audio untuk Windows dan mendukung banyak format audio yang populer. Audio player inti merupakan pilihan dari para audiophiles. Apa kelebihan Foobar2000 dibanding player yang lain? Ada dua keunggulan yang membuat Foobar2000 berbeda dengan yang lainnya, walaupun tetap Foobar memiliki fitur-fitur yang sama dengan player yang lain.

SATU, Foobar2000 SANGAT customizable. Tidak ada player audio lain yang memiliki fitur kustomisasi seperti Foobar. Anda dapat merubah semuanya, mulai dari tombol, layout, warna background, menu, sampai ke detil visualisasi.

DUA, pengunaan sumberdaya sistem yang sangat irit. Jauh lebih irit dibandingkan Windows Media Player, iTunes atau Winamp. Sehingga tidak membuat kinerja komputer anda melambat.

Foobar2000 juga mempunyai plug-ins yang mensupport iPod dan segala hal seperti lirik dan album. Juga tersedia versi portablenya sehingga anda dapat langsung memainkan foobar lewat Flashdisk anda.

Download Foobar2000: www.foobar2000.org/download

(Platform: Windows)

15. ImgBurn (CD / DVD Image Burner)

Ada banyak alasan kenapa kita memerlukan sebuah software yang simple dan cepat untuk membakar sebuah disk. ImgBurn adalah sebuah aplikasi untuk membuat CD/DVD/HD-DVD/Blu-ray yang sangat cepat, enteng dan 100% gratis.

Fitur:
- backup data atau file multimedia ke DVD.
- backup DVD movies ke PC.
- Membuat Audio CD dari MP3, WAV.
- membuat duplikat dari DVD atau CD musik.
- membuat video disk (DVD / HD DVD / Blu-ray) yang dapat diputar pada DVD player anda (non-PC).

ImgBurn mendukung banyak image format dan hampir semua tipe dari disk, jadi anda tidak perlu lagi mencari software lainnya. Tersedia juga versi portablenya yang dapat anda bawa dalam flash disk anda. Untuk lebih detail lagi silahkan kunjungi reviewnya disini.

(Platform: Windows / Linux)

Download ImgBurn: www.imgburn.com/index.php?act=download


BONUS (+ 5 programs)


16. Revo – Uninstaller gratis yang sangat hebat untuk Windows. Dapat meng-uninstall program yang tidak dapat di-uninstall oleh program manajer milik Windows.

17. OpenOffice – Sebuah alternatif dari Microsoft Office yang gratis. Walaupun membutuhkan beberapa program tambahan agar mampu menyamai kemampuan Microsoft Office. Anda tentunya tidak ingin selamanya jadi pembajak bukan?

18. Foxit – Nah, kalo yang ini sudah saya gunakan sejak lama. Aplikasi pengganti Adobe PDF reader ini memiliki kemampuan loading yang sangat cepat dibanding Adobe PDF Reader. Dan fitur yang paling saya sukai adalah, kita dapat mengedit isi dari file PDF tanpa perlu mengkonversinya ke format lain terlebih dahulu. Bahkan untuk file PDF yang terkunci untuk editing sekalipun.

19. Spyware Terminator – sebuah pelengkap dari Mawarebytes yang telah saya tuliskan diatas. A compliment to the above mentioned Malwarebytes. Walaupun tidak memiliki kemampuan sehebat Malwarebytes, namun ia mampu melakukan perlindungan secara real-time dan sangat cepat. Mirip seperti kemampuan Malwarebytes versi berbayar bukan?

20. Portable Apps – Sebuah koleksi raksasa dari program gratis yang dapat anda simpan dalam flashdiks anda. Beberapa program yang tertulis diatas juga ada didalam koleksi dari Portable Apps. Bawa semua program favorit anda dalam sebuah flashdisk dan jalankan juga dari flashdiks tanpa perlu anda install terlebih dulu pada komputer yang ada gunakan.


OKE guys, itu semua yang bisa saya sarankan buat anda. Ingat! Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda dengan orang lain, jadi mungkin saja ada yang tidak setuju dengan program-program diatas. Jika demikian, silahkan berikan komentar anda dan apa alasan anda tidak menyukainya, serta berikan masukan kepada saya, program apa yang sebaiknya disarankan untuk dipakai.. tentunya yang gratis lho..

Jika anda menyukai artikel ini, tolong sebar luaskan kepada teman-teman anda.


0 komentar: