CONTENT

30 November 2007

Sembunyikan dan Munculkan kolom di excell

Ide artikel ini muncul saat saya mengerjakan tugas evaluasi pendidikan untuk mencari nilai validitas, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Dalam pengerjaannya memerlukan pengolahan baris dan kolom yang cukup banyak sehingga tidak tampak dalam satu layar. Capek rasanya harus bolak-balik men-scroll mouse naik turun kanan kiri.
iseng-iseng saya coba minta tolang pada Mr. Help office, ketemu deh cara praktis. bahkan lebih praktis daripada sekedar membuat halaman jadi freeze.

Misalnya kita butuh mengamati data yang ada pada kolom A dan Z secara bersamaan, kita bisa mendekatkan kedua kolom itu tanpa memindahkan data pada masing-masing kolom. dengan cara menyembunyikan kolom yang tidak terpakai (dalam contoh ini adalah kolom B-Y)
1. posisikan kursor di posisi kolom B yang akan disembunyikan. kemudian drag dan blok sampai dengan kolom Y.
2. pilih menu [Format] > [Column] > [Hide]
3. Maka kolom B-Y akan disembunyikan oleh excell sehingga kolom A dan Z menjadi bersebelahan.

Untuk memunculkan kembali kolom B-Y, pakai cara ini :
1. Anggap kita lupa kolom mana yang disembunyikan. Cek dulu kolom mana yang disembunyikan, hal ini ditandai dengan adanya lompatan pada judul kolom (Column Header). perhatikan lompatan yang ada (Dari kolom A langsung ke Kolom Z). ini berarti kolom B sampai y disembunyikan.
2. Ketik posisi sel pada kolom yang tersembunyi, misalnya B1:Y1 pada kotak nama (name box) di sebelah kiri formula bar.
3. tekan enter
4. pilih menu [Format] > [Column] > [Unhide].
5. kolom yang tersembunyi akan nongol lagi.

trik ini bisa juga di lakukan pada baris (row). dengan cara yang sama, hanya saja perbedaannya pada pilihan menu [Format] > [Row] > [Hide] dan [Format] > [Row] > [Unhide]

Baca Selengkapnya

0 komentar: