CONTENT

01 Desember 2007

Sembunyikan file

Lagi-lagi ini pengalaman saya dengan seorang teman yang memiliki banyak koleksi "asyik" di PCnya. Sialnya kompie miliknya sering dipakai juga oleh sang bokap. Jadinya file-file "langka" tersebut sering lenyap tak berbekas. Waktu itu sih saya menyarankan untuk merubah properties folder tempat penyimpanannya menjadi hidden dan merubah Folder Optionnya untuk tidak menampilkan hidden file/folder.

Sialnya, si babe tampaknya lulusan D3 informatika juga .. hehehe, sehingga ketika si babe masuk ke folder option dan mengaktifkan pilihan "show hidden files and folder", jadi nongol semua deh film yang tadi disembunyikan. Walhasil.. ilang lagi..ilang lagi.. nasib..nasib.
Tadinya saya mo menyarankan pakai program khusus misalnya "folder guard", masalahnya itu program kan ga gratis. Bisa aja saya cariin cracknya atau Serial Numbernya. Tapi masa iya kita mau jadi pembajak terus?
Don't Worry Friend..setelah bertapa sehari semalam saya dapat wangsit untuk mengatasi proLblemmu. Kaga pake bayar dah.. gratis tis tis tis. Gini nih caranya.. catettt!

1. Langkah paling awal, tetep ente ubah propertis file "asyik" menjadi hidden dari windows Explorer.

2. Pilih menu [Tool] > [Folder Option], lalu pilih tab [View] dan telusuri kebawah sampai ketemu pilihan "hidden files and folder". Trus ente pilih "Do not show hidden files and folder"

3. Klik [Aply] > [OK]

4. Sekarang kita mulai jurus barunya. Buka registri editor, caranye klik [Start] > [Run] > ketik "regedit"

5. Sebelum melangkah lebih jauh, filih menu [File] > [Export], lalu simpen dengan nama terserah ente, misalnya saya simpan di folder "D:\Kuliah" dengan nama "BackUp". File ini nantinya untuk mengembalikan nilai registri yang telah kita ubah.

6. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\
Explorer\Advanced\Folder.
Kalau ga tau caranya, ikuti langkah berikut. Dari folder tree pada kolom sebelah kiri Registry Editor, klik HKEY_LOCAL_MACHINE, lalu klik lagi SOFTWARE ... dst sampai ke alamat diatas.

7. Lihat kolom sebelah kanan, cari yang namanya "Type" dengan keterangan isi data = group.

8. Klik 2 kali pada "Type", lalu pada jendela yang nongol hapus tulisan "group" pada kolom bawah. pilih [OK] lalu tutup registry editor.

9. Ok bro, sekarang menu untuk menampilkan file tersembunyi pada folder option udah kita sembunyiin sehingga kaga mungkin ditongolin lagi tuh hidden foldernya.

10. Sebagai langkah pengaman tambahan, ente masuk ke [Start] > [Search] > [All files and [folders]

11. Coba masukkan nama file "asyik" yang kamu ingat, lalu lihat bagian bawah dan klik " More advanced Option" dan hilangkan tanda centang pada pilihan "Seach hidden files and folders". setelah itu tekan tombol [Search]. Saya jamin ga bakal nongol tuh File.

12. Supaya pilihan folder option bisa nongol lagi, klik 2x pada file "BackUP.reg" yang kita bikin pada langkah 5 tadi. Pilih [Yes] >[OK].

Gimana Friend ? Sekarang tinggal memperbanyak koleksi dan siap-siap bikin persewaan VCD.. hahahaha.

Catatan : Jangan sampai bapakmu baca tutorial ini !!

0 komentar: