CONTENT

27 Juli 2008

Flash Back III : Apalah Arti Sebuah Nama ?


Ya, apa arti sebuah nama ? dulu saat awal kehamilan sempat aku berfikir seperti itu. Namun seiring berjalannya waktu, dengan banyaknya informasi yang aku dapat ternyata nama mengandung do’a dan merupakan kewajiban seorang bapak untuk memberi nama yang baik untuk anak.


Dari situ mulailah aku baca-baca buku nama bayi, tanya semua orang, bahkan aku pelototin semua nama pelanggan PLN tempatku bekerja (120 ribu pelanggan). Akhirnya ada yang nyantol juga, “Fatah” nama itu yang aku pilih. Yang berarti pembawa keberuntungan/rizki.

Sampai dengan kehamilan 8 bulan, aku masih belum bisa menemukan nama lengkap untuk calon bayiku, baru nama Fatah doang yang nyantol di kepala. Akhirnya aku coba telpon adikku Innayah Nurlia Roza yang sekarang kuliah di STT Telkom, siapa tahu dia punya nama yang bagus. Ga sia sia adikku sempet pertukaran pelajar setahun di amrik dan 3 bulan di malaysia (apa hubungannya?), ketemu juga pasangan nama yang aku rasa tepat yaitu Naufal yang berarti “cakap”. Thank’s Nong (panggilan sayang ke adikku).

Dapat 2 patah kata sebagai nama, aku rasa masih kurang, aku ingin 3 patah nama seperti namaku. Sempat terfikir untuk untuk menambah Junior / Jr di belakang namanya, tapi ditentang habis-habisan sama eyang putrinya. Ga jadi dah.
Akhirnya dengan segenap daya dan upaya, plus “ hak veto “ bahwa hak seorang bapak memberi nama anaknya, orang lain boleh berpendapat tapi aku yang menentukan. Itung-itung latihan kalau nanti aku jadi anggota dewan.. hehehe. Bismillahhirrohmannirrohim… Kuberi nama anakku “FATAH NAUFAL ARIFANI” yang berarti “pembawa rizki, cakap dan bijaksana”. Semoga nama yang kuberikan akan sesuai dengan masa depannya kelak…. Amin...

Ada cerita konyol saat aku membuat undangan syukuran bayi. Seperti layaknya bayi yang baru lahir, bangun setiap 3 jam untuk nyusu lalu molor lagi. Kami sempat dibikin repot dan kecapekkan dengan jadwal baru tersebut. Dengan mata yang masih ngantuk dan kepala puyeng, aku mulai menyetting undangan syukuran. Mungkin karena kondisi tersebut undangan yang aku buat ada kesalahan fatal, yaitu bulan yang tertulis Maret padahal seharusnya bulan Juni. Itupun temanku yang memberitahu, padahal undangan sebagian sudah disebar. Mau tak mau harus dirubah lagi bulannya. Setelah dirasa oke, mulailah aku cetak undangan dan bagikan lagi sisanya.

3 hari sebelum acara syukuran, adikku pulang dari bandung, ternyata nama yang aku tulis salah. Seharusnya NAUFAL, tapi tertulis NOUVAL. Jadi dah perbaikan lagi, kali ini undangan untuk kendurian.

Akhirnya saat acara syukuran dan pemberian nama, alhamdulillah semua lancar dan nama yang baik telah diberikan.




0 komentar: