CONTENT

06 November 2008

Tuhan dalam Perspektif Al Qur’an

Menguraikan ayat-ayat tentang Tuhan; Pendekatan Fenomenologis Dalam Kajian Islam

Pendahuluan

Pemahaman terhadap ayat-ayat yang menerangkan tentang Tuhan dalam mengkaji Islam merupakan suatu hal yang amat penting. Dikatakan penting karena agama Islam adalah agama samawi di mana agama tersebut memiliki sumber tunggal yaitu Allah SWT. Dalam kajian fenomenologi agama Islam, Allah adalah obyek dari agama tersebut. Sebagai obyek yang memiliki sifat-sifat maha yang terurai dalam Asma’ul Husna. Sifat-sifat mahaNya tiada tertandingi oleh apapun dan siapapun.

Jika dalam berbagai kajian mengenai ke-tuhanan memiliki konsep-konsep yang berbeda satu sama lain; misalnya faham Monoteisme dengan kepercayaan satu Tuhan yang juga dianut oleh masyarakat pratulisan-Afrika yang meyakini bahwa tuhan adalah yang maha tinggi , Dualisme yang difahami dalam hinduisme bahwa Tuhan yang maha tinggi dianggap memiliki kodrat ganda; yang satu tidak bergerak dan yang lain aktif, Politeisme yang memiliki kepercayaan kepada berbagai dewa personal, Panteisme yang mengidentikkan tuhan dengan segala sesuatu dan Monisme yang meyakini bahwa ilahi dapat menjadi daya universal di mana kekuatan tersebut tampak dalam dunia psikologis sebagai jiwa yang universal.

Beberapa konsep di atas merupakan pengantar sebuah pemahaman mengenai Tuhan atau hakekat Tuhan dalam persepsi berbagai agama yang ada di dunia. Di sini tentu tidak akan membicarakan secara luas dan mendetail mengenai faham-faham tersebut melainkan hanya akan mengambil satu faham saja yang relevan dengan persepsi agama Islam yang konsep-konsepnya terdapat dalam Al Qur’an, Al Hadits dan sejarah para nabi utusan Allah.

Dari berbagai konsep yang akan diketengahkan berikut bahasannya diharapkan dapat memberikan gambaran ril mengenai Existensi dan Singgasana Allah serta pentingnya mengerti hakekat Allah dalam beragama, yaitu menganut agama Islam khususnya.


Download komplitnya disini

0 komentar: