CONTENT

06 April 2009

Penilaian Tugas Presentasi Multimedia

Berikut daftar kelompok mahasiswa DCC Metro, mata kuliah Teknologi Informasi yang sudah menyerahkan tugas beserta nilai yang diperoleh.

Akhir penyerahan tugas adalah tanggal 28 Maret 2009, sehingga keterlambatan yang terjadi akan dikenakan pengurangan nilai sebesar 2 point perminggu.


Kelompok 1
Budiman
Yosafat
Erwan Yulianto

Materi : mengidentifikasi perkembangan perangkat keras dan fungsinya

Penggunaan instrumen cukup komplit dimana gambar yang ditayangkan sudah komplit, penempatan link juga cukup bagus sehingga menjadikan lebih interaktif.

Hanya saja pada bagian I/O dirasa kurang seperti misalnya port firewire yang sekarang sudah menjadi standar motherboard tidak dijelaskan apa kegunaannya dan contoh peralatan inputnya.

kemudian bagian penjelasan tentang audio port, kenapa contohnya hanya speaker, microphone seharusnya anda sertakan juga.

kesalahan yang cukup fatal terjadi pada penjelasan I/O dimana gambar sebelah kiri adalah motherboard dengan yang memerlukan VGA Card (bukan onboard) dimana serial port adalah "sebuah port pada komputer yang mentransmisikan satu bit informasi pada satu waktu. Lawan dari serial port adalah pararel port". jadi port yang anda tunjukkan bukanlah port vga.

Seandainya presentasi anda dilengkapi dengan suara yang menerangkan secara detail materi yang anda pilih, maka presentasi tersebut akan menjadi sempurna.

Penilaian
Easy learning : 28
Desain : 30
in3trumen instrumen (Text, speech, grafik/image, tabel, audio, video/animasi, hyperlink) : 20
Bonus tepat waktu : 5
Total : 83


Kelompok 2
Ahmad herwanto
Dwi pranoto
Hardi
Ngatirin

Materi : Perkembangan Infrastruktur TIK di Indonesia.

ide konversi menjadi video sangat menarik walaupun mengurangi kefleksibilitas dari presentasi tersebut. bagaimana seandainya diperlukan suatu saat meloncat/mengulangi presentasi pada slide tertentu. tentunya akan sangat merepotkan untuk menggeser slide dan mencari waktu yang tepat untuk menampilkan materi yang diinginkan.

terdapat kesalahan dalam judul pada slide kedua yaitu "sejarah singkat teknologi komunikasi di indonesia" padahal yang anda jelaskan pada slide tersebut adalah definisi TI secara global.

Penggunaan backsound sebaiknya menggunakan musik instrumen dan diatur besar kecilnya volume, misalnya saat narator berbicara, volume musik dikecilkan dan dibesarkan lagi saat perpindahan slide. Pada presentasi anda, backsound yang terlalu keras menyebabkan suara yang diterima oleh audiens menjadi rancu seolah-olah berlomba dengan suara narator.

Konsep easy learning kurang mengena karena masih ada istilah-istilah yang memerlukan penjelasan lebih lanjut agar lebih mudah dipahami oleh orang awam. Seperti misalnya, backbone, multicast, downstream, upstream, dll


Penilaian
Easy learning : 25
Desain : 26
in3trumen instrumen (Text, speech, grafik/image, tabel, audio, video/animasi, hyperlink) : 28
Bonus orisinalitas : 5
Total : 84

Kelompok 3
Dedek Efiriyadi
Subanar
Yulia Istiqomah
Yuli Aryanti

Materi : Telekomunikasi, dulu dan sekarang


Desain konvensional namun sangat menarik dengan penggunaan teks dan background yang serasi. Ide pemberian handout juga mempermudah untuk lebih memahami materi

Narasi yang berkepanjangan dan terlalu cepat menimbulkan kejenuhan, terkesan monoton, menimbulkan kesalahan pengucapan, dan sulit diikuti oleh audiens. Sebaiknya narasi diperlambat dan ditambahkan sedikit sentuhan musik.

Materi yang diangkat sangat lengkap dan sangat banyak sehingga waktu total presentasi selama 948 detik saya rasa kurang mencukupi untuk mempresentasikan materi sebanyak itu, sebaiknya dipadatkan dan disaring lagi materi yang akan disampaikan (lebih spesific) sehingga alokasi waktu selama 10-15 menit tersebut efektif dan dapat dicerna secara mudah oleh audiens.

Pengerjaan Slide show perlu diperhatikan lagi, yang pertama pada slide 4, teks dan gambar smaphore terlambat ditayangkan, dan yang kedua pada slide 18 , ada bagian yang terlewat untuk speech recognition bahasa indonesia.

Saya tidak menemukan instrumen video dalam presentasi ini, sebagaimana juga musik tidak ditemukan.

Konsep easy learning sudah hampir mengena walaupun narasi terlalu cepat, namun dibantu dengan hand-out. Ada istilah-istilah yang masih memerlukan penjelasan lebih lanjut agar lebih mudah dipahami oleh orang awam. Seperti misalnya, packet switching, node, Cathode Ray Tube, dll. Ada baiknya istilah-istilah tersebut anda berikan penjelasan lebih lanjut dalam hand-out.


Penilaian
Easy learning : 28
Desain : 28
in3trumen instrumen (Text, speech, grafik/image, tabel, audio, video/animasi, hyperlink) : 22
Bonus handout : 7
keterlambatan : -2 perminggu
Total : 83

Kelompok 4
Novi Aryana
Nur Afriani
Oktavia Verlina

Materi : Perangkat Lunak


Desain, pemilihan background cukup menarik, walaupun ada satu background yang terlalu "ngejreng" namun secara keseluruhan desain sudah bagus

penggunaan instrumen yang masih kurang adalah musik.

konsep easy learning sudah cukup mengena dengan penjelasan yang gamblang dan jelas.

penilaian

Desain : 30
Instrumen : 26
easy learning : 30
keterlambatan : -2 per minggu
total : 84

0 komentar: