CONTENT

18 April 2009

Software Alternative

Sekarang boleh jadi tahun 2009, UU HAKI pun telah diterbitkan, namun masih banyak kita temui pembajak kecil-kecilan diantara masyarakat kita. tentunya bukan pembajak laut seperti para pembajak somalia yang baru-baru ini menyandera kapal dagang si obama. Pembajak yang saya maksud adalah para pembajak software, dimana memang hal ini sengaja disebarluaskan demi keuntungan pengiritan (daripada beli aslinya), atau istilah kerennya demi kemajuan masyarakat di bidang iptek khususnya komputer.


Kemajuan memang sangat dianjurkan bagi semua orang, "carilah ilmu sampai ke negeri cina" begitu katanya. Bahkan Islam sendiri sangat menghargai ilmu pengetahuan. Namun sangat disayangkan apabila kemajuan yang kita peroleh sedikit ternodai dengan jalan yang tidak halal. Misalnya, "Siapa yang pakai Microsoft Office ajungkan jari ??" kira kira 10000 orang akan mengacungkan jarinya, namun bila pertanyaan kita rubah sedikit, "Siapa yang pernah beli Microsoft Office ?" mungkin ga sampai 10 orang yang mengacungkan jarinya. Jadi.. kalau 10000 orang menggunakan MS Office, namun hanya 10 yang membelinya secara legal, lalu bagaimana cara 9990 orang lainnya bisa dapat tuh software? ga ada jalan lain, bajak !

Jadi bila anda ga mau disebut pembajak (biarpun terdengan keren), lebih mulai sekarang anda uninstall semua program-program berbayar yang anda dapatkan secara tidak halal, dan gantilah dengan yang halal.

Ok berikut saya berikan beberapa alternatif program pengganti dari beberapa software berbayar, yang insya allah halal :-), diantaranya :

Adobe Reader
Alternatif :
FoxIt Reader atau Sumatra PDF

AOL Instant Messenger
Alternatif :
Digsby, Pidgin , Miranda, Trilian, atau Meebo

Internet Explorer
Alternatif :
Mozilla Firefox
Catatan : bila kamu masih menggunakan windows, maka kamu tidak akan bisa menghilangkan IE secara keseluruhan, jadi, setting saja browser default kamu ke firefox.

iTunes
Alternatif :
foobar2000, Songbird, atau WinAmp

Limewire
Alternatif :
Frostwire

Nero Suite
Alternatif :
CDBurnerXP

McAffe/Norton/Symantec Anti-Virus
Alternatif :
AVG, Avast, atau PCMav dengan ClamAV

Quick Time
Alternatif :
Quick Time Alternative

Real Player
Alternatif :
Real Alternative, KLite Mega Codec


Windows Media Player
Alternatif :
VLC

Winzip
Alternatif :
7-Zip atau ALZip

0 komentar: