CONTENT

16 Agustus 2009

Internet Satelit : Bagaimana cara kerjanya?


Layanan Internet satelit nampaknya menjadi semakin populer. Dipelopori oleh perusahaan yang melakukan eksplorasi domain dan juga para wartawan perang, sekarang digunakan oleh ribuan. Sebagian alasan penggunaannya adalah bahwa teknologi ini mampu meningkatkan bandwidth dan menurunkan biaya.

Sekarang terdapat geostationary satelit. Istilah tersebut berarti satelit yang terhubung dengan posisi anda di bumi. Cara terbaru untuk berkomunikasi dengan satelit untuk layanan internet disebut Ka band. Ka band merupakan kumpulan frekuensi antara 18,3 GHz sampai 31 GHz. Lebih spesifik lagi, UPLINK (panggilan dari rumah anda ke satelit) mempunyai frekuensi antera 27.5 GHz sampai 31 GHz. DOWNLINK (panggilan yang berasal dari satelit ke rumah Anda) berada di kisaran 18,3 Ghz dan 20,2 Ghz.


Apa sih GHz itu ? GHz adalah singkatan dari Giga Hertz. Giga untuk 1,000,000,000, and Hertz adalah putaran(siklus) per detik. Perhatikan gambar gelombang laut diatas. Gelombang tersebut memiliki dua bagian, yaitu puncak gelombang dan lembah. Perhatikan pula gambar dibawahnya, sama bukan?

Bila titik awal dari puncak gelombang melewati sebuah titik tertentu (katakanlah sebagai titik X) kemudian ber-angsur semakin tinggi dan akhirnya kembali turun setelah mencapai titik tertinggi, semakin turun sehingga melewati titik X lagi, terus turun sampai titik terendah dan kembali naik sampai dengan titik X lagi, gambaran tersebut yang dinamakan dengan satu siklus. Sekarang anggap satu siklus penuh terjadi dalam waktu satu detik, maka siklus tersebut dapat dikatakan sebagai Hertz. Seandanyai siklus tersebut terjadi 1000 kali dalam satu detik, maka disebut Kilo Hertz (KHz), 1 juta siklus disebut Mega Hertz (MHz), dan seterusnya.

Mengapa anda harus mengetahui hal tersebut? Karena, angka-angka tersebut berhubungan dengan daya tranmisi dan berapa kemampuan membawa sinyalnya, seperti pada artikel mengenai internet wireles, semakin rendah rekuensi maka akan semakin jauh jarak jangkaunya namun semakin sedikit informasi yang dapat dibawanya, dan semakin tinggi frekuensinya akan berakibat semakin pendek jarang jangkaunya namun semakin banyak informasi yang bisa dibawa.

Jadi, dengan menggunakan rentang frekuensi yang lebih tinggi untuk Internet satelit akan memungkinkan lebih banyak data yang bisa dikirim, sehingga hampir bisa dikatakan mendekati “real time”.

Karena tingginya tingkat frekuensi, sinyal yang dipancarkan dari satelit harus sedikit diperkecil dan dikurangi sebelum mencapai ke modem. Bila tidak dikurangi akan membuat modem anda kelebihan muatan dan bisa mengakibatkan ”hang”. Pengurangan tersebut dilakukan dengan peralatan yang terdapat dalam cakram antena penerima dan penggunaan kabel berkualitas sangat bagus (RG6) dengan panjang minimal 46 meter yang menghubungkan antena dengan modem.

Hal lain yang perlu anda tahu adalah, Ka band satelit menggunakan “spot beams”. Sebuah spot beam dapat mencakup sebuah area yang cukup luas. Perhatikan gambar spot beam di bawah ini. Daerah yang dilingkari adalah daerah dari tiap-tiap spot beams. Bisa anda lihat bahwa tidak seluruh daerah di bumi ini yang dapat dicakup oleh spot beam.


Latency
Apa itu latency? Orang-orang yang suka main game online atau penggemar MIRC menyebutnya dengan istilah “lag”. Lag adalah suatu keadaan dimana terdapat jeda waktu antara sinyal yang dikirimkan untuk mencapai penerima. Sinyal dari satelit biasanya akan mencapai bumi dalam waktu 230 milidetik.

FAP (Fair Access Policy)

Untuk membatasi penggunaan satelit internet oleh seseorang sehingga dapat merugikan pengguna lain, maka diterapkan sebuah peraturan yang disebut FAP. Yang berarti bahwa satelit internet provider akan membatasi berapa banyak anda dapat melakukan download dalam satu periode waktu (biasanya 24 jam). Pernah download rapidshare yang gratisan ? kira-kira seperti itu, anda akan dibatasi setelah melakukan beberapa kali download. Bila anda melanggar ketentuan FAP tersebut maka secara otomatis satelit internet provider anda akan menurunkan kecepatan anda hingga mendekati kecepatan dial up. Pernah memakai telkomnet instan? Ya kira-kira segitulah kecepatannya yang akan diseting oleh provider anda untuk memberikan kesempatan kepada pengguna lain, karena jatah mereka yang telah anda serobot tadi. Jadi bila anda seorang maniak download, WASPADALAH-WASPADALAH !!



Untuk dapat mengakses semua kemewahan akses dari internet satelit ini, anda kira-kira harus mengeluarkan modal sekitar $ 800 untuk hardware dan $ 50 per bulan untuk biaya langganannya. Bandingkan dengan akses speddy warnet unlimited yang saya yakin kecepatan dan bandwitdhnya tidak secepat satelit internet.

0 komentar: