CONTENT

24 September 2009

Menonaktifkan Port USB untuk Mencegah Virus


Salah satu media penyebaran virus yang paling efektif adalah melalui USB, terutama Flash Disk. Terlebih lagi dengan fitur Autorun Windows yang akan secara otomatis mengeksekusi file Autorun.inf yang ada di USB. Kebanyakan proses penyebaran virus ini adalah melalui celah Autorun tersebut. Lalu bagaimana cara mencegah penyebaran virus-virus yang menjengkelkan itu? Berikut beberapa tips yang bisa anda coba.


Tips 1. NonAktifkan Port USB dengan mematikan Autorun
Fitur Autorun memang memudahkan kita dalam mengakses isi dari suatu device. Baik itu berupa CD maupun USB. Tinggal colokkan USB, maka windows akan menampilkan suatu jendela baru yang berisi pilihan pengaksesan seperti; “Open folder to view files”. Untuk dapat menampilkan jendela pilihan akses tersebut, Windows akan mengeksekusi file Autorun.inf yang berada dalam dalam suatu perangkat dan secara otomatis menjalankannya. It’s Oke bila dalam Autorun.inf tersebut tidak terdapat “isi” yang mencurigakan. Namun bila file Autorun.inf sudah diganti oleh file bawaan virus, maka hal ini yang jadi masalah.

Untuk mematikan fitur Autorun anda dapat melakukan hal berikut:

  • Pertama, tekan kombinasi kunci Win + R atau anda mulai dari START > RUN, lalu ketikkan Gpedit.msc.
  • Arahkan ke Computer Configuration >  Administrative Templates > Windows Components lalu pilih Autoplay Policies. (pengguna XP silahkan arahkan ke Computer Configuration > Administrative Templates > System).
  • Pada panel detil, dobel klik Turn off Autoplay.
  • Pilih Enabled, lalu pilih All drives pada pilihan Turn off Autoplay.
Tips 2. Cegah User menggunakan Perangkat USB

Bila komputer anda dipakai oleh banyak orang, misalnya dalam sebuah lab komputer. Maka sebaiknya anda mengatur User Account yang bisa membatasi penggunaan sebuah komputer oleh user-user tertentu saja.
  • Buka Start>Run dan ketikkan Regedit
  • Pada jendela registry editor yang muncul, arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor dan set nilai (value data) dari Start menjadi 4. (untuk mengaktifkannya lagi, silahkan ganti menjadi nilai 3).

Tips 3. Rubah BIOS, Matikan Port USB, Proteksi Password

Masuk ke sistem BIOS pada saat anda menyalakan komputer. Carilah segala sesuatu yang mengijinkan anda untuk me-Disable port USB, dan pasanglah password pada BIOS anda untuk tambahan keamanan.
Note: dikarenakan banyaknya sistem BIOS yang ada dipasaran maka saya tidak dapat menyebutkan secara detail satu persatu cara merubah BIOS.

Tips 4. User Device Manager
  • Buka Device Manager (klik kanan pada My Computer, pilih Properties, pilih Tab Hardware, pilih Device Manager).
  • Klik kanan pada USB Root Hub dan pilih Disable.

0 komentar: