CONTENT

17 Oktober 2009

4 SITUS GRATIS untuk mendownload game kuno

Dulu saat saya masih SMP, saya sangat suka sekali dengan game Pacman di komputer kepunyaan “pakde” saya. Bahkan rela nginep di rumah pakde hanya untuk bisa bermain game tersebut. Sekarang game itu sudah sangat jarang orang yang punya. Tapi untunglah dunia internet menyediakan banyak “hal-hal” yang siap kita download. Salah satunya GAME.

Berikut saya berikan 4 situs gratisan dimana kita bisa mendownload game-game. Baik yang sudah jadul maupun yang masih terhitung baru. Bahkan diantaranya masih versi DOS. Oke.. cukup sudah basa-basinya silahkan meluncur kesana dan download sepuas anda.

ABANDONIA

Abandonia berisi kumpulan dari abandonware, “dedicated to classic DOS games”. Abandonware adalah game (atau software) yang hak ciptanya sudah kadaluwarsa, atau game yang sudah tidak disupport lagi oleh penerbitnya.

Situs ini diluncurkan sejak 1999 dan hingga saat ini telah memiliki lebih dari 100.000 member dengan 1063 games yang siap untuk didownload.



Kebanyakan dari game tersebut disertai dengan review, screenshot, dan rating berdasarkan penilaian editor maupun dari anggotanya. Anda juga bisa mencari game yang sesuai dengan keinginan anda berdasarkan judul, tahun, rating dan kategori.


DOS Museum


Situs lain yang fokus ke game DOS adalah DOS Museum. Tujuan dari dibuatnya situs ini adalah untuk menyajikan kembali game-game lama dan memastikan bahwa mereka (game) tidak akan punah.



Situs ini memiliki koleksi sebanyak 1,600 (termasuk didalmnya variasi dari patch dan save-games), DOS Museum menawarkan cakupan yang lebih luas dari sebuah permainan.

Wikipedia

Salah satu situs terbaik untuk mencari game jadul adalah Wikipedia. Pada salah satu halaman Wikipedia ada daftar dari abandonware yang cukup up-to-date.



Daftar tersebut berisi lebih sedikit daripada situs lainnya, namun mempunyai jenis yang lebih beragam. Anda akan bisa menemukan daftar judul game dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2008. Semuanya disertai dengan deskripsi (walaupun hanya sedikit). Sebagaimana konsep yang digunakan Wikipedia, anda dapat menambahkan judul game yang sekiranya belum masuk dalam daftar tersebut.

Remain In Play

Situs lain adalah Remain In Play. Situs ini sejak awal menolak untuk menampilkan game abandonware dan hanya fokus pada situs yang benar-benar free.



Walaupun secara navigasi kurang optimal, situs ini menyediakan banyak game-game hebat baik lama maupun game baru. Daftar Top 10 games yang mereka sajikan mungkin perlu anda jelajahi sejak awal.

0 komentar: