CONTENT

17 Oktober 2009

RECOVER DATA DARI Flash Memory / Usb Drive

Memory Card/Flash Disk sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat kita. Harga yang terjangkau dan kapasitas penyimpanan yang besar menjadikan perangkat tersebut menjadi sangat favorit. Namun pernahkan anda mengalami suatu kejadian dimana perangkat penyimpanan anda tiba-tiba tidak dapat diakses dan muncul pesan di bawah ini?



Jangan panik, cukup anda klik tombol START > Run , atau tekan kombinasi tombol ”Win + R” lalu ketikkan ”Chkdsk e: /r”. Kita umpamakan ”e” sebagai drive dimana flash memory tersebut bercokol.



Perintah chkdsk adalah perintah untuk memeriksa bila terjadi korup pada strukture media simpan. ”e” menunjukkan drive yang digunakan dan perintah /r adalah perintah untuk ”repair” atau memperbaikinya. Anda mungkin akan mendapatkan sebuah peringatan bahwa drive yang ingin anda perbaiki bukan merupakan bagian dari Window XP drive. It’s Oke, tekan saja hurup Y untuk melanjutkan proses. Proses akan dimulai dengan pengecekan ke seluruh file dan directory yang ada pada media simpan. Perhatikan saja proses yang sedang berjalan, bila anda lihat ada nama file yang anda kenali disana..bersyukurlah bahwa hal itu menunjukkan file anda tidak hilang.



Saat proses perbaikan hampir selesai, anda akan ditanyakan apakah ingin menyimpan log data yang rusak tersebut kedalam sebuah file. Pilih saja “Yes” walalupun anda tidak akan pernah membukanya.


0 komentar: